Gerindra dan PDIP Diyakini akan Usung Ridwan Kamil

Roni Kurniawan    •    Kamis, 16 Mar 2017 20:27 WIB
pilkada 2018
Gerindra dan PDIP Diyakini akan Usung Ridwan Kamil
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. (Foto: Antara/Sigid Kurniawan).

Metrotvnews.com, Bandung: Partai NasDem membutuhkan 15 kursi suara di DPRD Provinsi Jawa Barat untuk mengusung Ridwan Kamil pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar 2018. Saat ini NasDem hanya punya lima kursi dari 100 kursi di DPRD Provinsi Jabar.

Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) NasDem Jawa Barat, Saan Mustopa, mengatakan, pihaknya akan berkonsolidasi dengan partai politik lain, seperti PDI Perjuangan dan Gerindra. Hal itu diketahui klaim Emil bahwa ada dua partai politik yang sudah melakukan komunikasi dengan Emil, selain NasDem.

"Saya diskusi dengan Kang Emil, Gerindra yang sejauh ini sudah menyatakan berminat menyokong Kang Emil dan juga PDIP," kata Saan, Kamis 16 Maret 2017.

Menurut Saan, Gerindra merupakan partai politik yang tak asing bagi Emil. Pasalnya, partai belambang garuda merah tersebut menjadi partai pengusung Emil berpasangan dengan Oded M. Danial pada Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Bandung pada 2013 bersama Partai Keadian Sejahtera (PKS).

Sementara itu, PDI Perjuangan diyakini Saan akan mendukung upaya tersebut karena mempunyai ketertarikan yang sama terhadap Emil. "Menurut saya punya ketertarikan dengan Kang Emil. Dan itu akan kita jajaki lebih dalam lagi," ujar Saan.

Berdasarkan data dari DPRD Provinsi Jawa Barat, Partai Gerinda saat ini memiliki 11 dari 100 kursi yang ada. Sedangkan untuk PDIP saat ini memiliki 20 dari 100 kursi.

Jika tiga partai tersebut berkoalisi untuk mengusung Emil maju ke Pilgub Jabar, maka otomatis persyaratan minim 20 persen dari 100 kursi sudah terpenuhi dengan jumlah 37 kursi.


(ALB)