Pemprov Jabar Targetkan Seluruh SMP Bisa UNBK Tahun Depan

Jaenal Mutakin    •    Senin, 09 May 2016 15:24 WIB
ujian nasional
Pemprov Jabar Targetkan Seluruh SMP Bisa UNBK Tahun Depan
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

Metrotvnews.com, Bandung: Pemerintah Provinsi Jawa Barat menargetkan sekolah menengah pertama (SMP) yang tersebar di seluruh Jawa Barat bisa melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di tahun 2017 nanti.? Saat ini, hanya 47 sekolah saja yang sudah bisa menyelenggarakan UNBK.

?"Saat ini baru 47 sekolah. Kita berharap tahun depan ada 100 hingga 150 SMP bisa ikut UNBK karena SMP itu kan tanggung jawabnya ada di kabupaten/kota," kata Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan, di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (09/05/2016).?

?Meski ingin seluruh SMP di Bandung menyelenggarakan UNBK, Aher mengaku khawatir dengan cara siswa SMP menggunakan komputer. Pasalnya, bukannya menjawab soal, UNBK justru membuat siswa panik.

?"Menggunakan komputer bagi yang belum terbiasa bisa saja gugup. Kalau terbiasa pasti santai-santai saja, jadi harus dibiasakan," ujarnya.

?Selain menambah jumlah komputer untuk SMP, pihaknya pun akan menambah jumlah komputer untuk SMA. Saat ini baru sekitar 417 sekolah atau sekitar 5 persen dari keseluruhan sekolah yang ada di Jabar melangsungkan ujian dengan UNBK.?


(MEL)