Sambut PON XIX Jabar, Stadion GBLA Berbenah

Nurbany    •    Kamis, 04 Feb 2016 16:58 WIB
pon 2016
Sambut PON XIX Jabar, Stadion GBLA Berbenah
Foto: Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Gedebage, Bandung, Jawa Barat/Ant_Fahrul Jayadiputra

Metrotvnews.com, Bandung: Pemerintah Kota Bandung Jawa Barat mulai berbenah menyambut Pekan Olahraga Nasional XIX/2016. Salah satunya Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Gedebage, Kota Bandung, yang akan digunakan sebagai tempat pembukaan dan penutupan PON XIX/2016.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, mulai 10 Februari nanti pihaknya bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan menentukan titik perbaikan Stadion GBLA. "Pekan depan akan kita tinjau. Nanti juga akan hadir dari pihak Bareskrim Polri," kata Ridwan Kamil, di Jalan Bungur, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (4/2/2016).

Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, mengaku optimistis Stadion GBLA ini dapat digunakan dalam perhelatan PON Jawa Barat. Emil mengatakan pihaknya akan mengoptimalkan perbaikan struktur bangunan dalam waktu yang tersisa jelang PON XIX/2016. Dia menargetkan perbaikan rampung pada Mei 2016.

"Pembukaan PON di Stadion GBLA mewakili harapan warga Kota Bandung dan Jawa Barat. Perbaikan enggak banyak. Hanya masalah struktur ringan. Jadi tidak akan merombak keseluruhan bangunan," imbuh dia.

Sebelumnya, Kepala Bareskrim Polri yang saat itu dipimpin Komisaris Jenderal Polisi Budi Waseso beberapa kali mendatangi Stadion GBLA, di Gedebage, Kota Bandung. Budi menyatakan, stadion itu belum laik untuk digunakan untuk perhelatan besar lantaran ditemukan sejumlah titik bangunan stadion.

Pembangunan Stadion GBLA yang menelan biaya sebesar Rp1,1 triliun diduga mengalami gagal konstruksi setelah ditemukan beberapa titik mengalami ambles. Kepolisian menetapkan Sekretaris Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya Pemkot Bandung Ahmad Sudraja sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pembangunan Stadion GBLA itu. Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan sempat diperiksa sebagai saksi dalam kasus itu.


(TTD)