Besok, PT KAI Gratiskan Tiket Kereta Bagi Veteran

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Kamis, 09 Nov 2017 11:01 WIB
hari pahlawan
Besok, PT KAI Gratiskan Tiket Kereta Bagi Veteran
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Bandung: PT Kereta Api Indonesia (Persero) menggratiskan tiket kereta api bagi para veteran yang akan bepergian pada Jumat 10 Vovember 2017. Tiket gratis ini berlaku untuk KA jarak jauh dan menengah.

Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 2 Joni Martinus menjelaskan, tiket gratis tersebut diberikan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan sebagai bentuk apresiasi KAI kepada veteran yang telah berjasa terhadap kemerdekaan Indonesia. Pemesanan atau pembelian tiket kereta dengan reduksi 100 persen hanya dilayani di loket stasiun.

"Syaratnya yaitu menyerahkan foto copy kartu anggota LVRI (Legiun Veteran Republik Indonesia) atas nama yang bersangkutan kepada petugas loket di stasiun," kata Joni di Bandung, Jawa Barat, Rabu 8 November 2017.

Bagi veteran yang sudah memesan atau membeli tiket dengan tarif reduksi veteran untuk kebarangkatan 10 November 2017, biaya tiket akan dikembalikan 100 persen di stasiun kedatangan. Batas maksimal pengambilan bea adalah tiga hari setelah jadwal kedatangan kereta.

"Caranya, cukup menyerahkan tiket atau boarding pass ke loket stasiun kedatangan," ungkap Joni.

Joni menjelaskan, tiket gratis tersebut dapat dibatalkan, namun tidak dapat diubah jadwalnya. Tiket gratis juga tidak dapat digabung dengan reduksi atau diskon lainnya.

"Ketika boarding, penumpang wajib menunjukkan kartu tanda anggota LVRI yang asli kepada petugas," tegasnya.

Menurut Joni, PT KAI selama ini memberlakukan tarif reduksi untuk anggota LVRI sebesar 50% setiap Selasa sampai Kamis.Tarif reduksi tidak berlaku untuk perjalanan saat hari besar/libur nasional.

Pada Jumat hingga Senin, PT KAI menetapkan tarif reduksi sebesar 30%. Tarif reduksi ini juga berlaku saat hari besar/libur nasional.


(NIN)