BPBD Bandung Bergabung dengan Dinas Pemadam

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Selasa, 27 Mar 2018 18:27 WIB
penanggulangan bencana
BPBD Bandung Bergabung dengan Dinas Pemadam
Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat melakukan simulasi evakuasi korban bencana gempa bumi. (ANT/Fahrul Jayadiputra)

Bandung: Kota Bandung merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang tak memiliki Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Pejabat sementara Wali Kota Bandung Muhammad Solihin mengatakan telah meminta Kementerian Dalam Negeri untuk pembangunan BPBD. 

"Dari Kemendagri menetapkan untuk Badan Penanggulangan Bencana digabung dengan Dinas Pemadam Kebakaran. Berbeda dengan Provinsi Jabar, yang struktur kelembagaannya berbeda," ujar Solihin di Kantor Walikota Bandung, Jalan Wastukencana, Kota Bandung, Selasa 27 Maret 2018.

Solihin menegaskan, pihaknya tidak bisa menetapkan kelembagaan tanpa ada rekomendasi dari pusat. Terutama mengenai jumlah lembaga.

"Jumlah lembaga di Kota atau Kabupaten maupun Provinsi, Pusat yang mengatur sesuai dengan urusan masing-masing," tegasnya.

Termasuk perihal anggaran, beber Solihin, telah ditentukan oleh Dinas Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Kota Bandung. Anggaran dikucurkan langsung dari pusat ke DPPK Kota Bandung. 

"Anggarannya sama, langsung ke lembaga yang telah ditetapkan," pungkasnya.

Diketahui, lima kabupaten/kota di Jawa Barat belum memiliki Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Lima daerah yang belum memiliki BPBD, yaitu Kota Bandung, Purwakarta, Subang, Depok, dan Pangandaran.


(LDS)