Ada 20 Ribu Rumah Tak Layak Huni di Kabupaten Bandung

Eriez M Rizal    •    Rabu, 05 Oct 2016 21:07 WIB
rumah rusak
Ada 20 Ribu Rumah Tak Layak Huni di Kabupaten Bandung
Ilustrasi. Foto: MI/Cikwan Suwandi

Metrotvnews.com, Bandung: Kabupaten Bandung, Jawa Barat, masih berkutat dengan persoalan rumah tak layak huni. Hasil pendataan Dinas Perumahan Tata Ruang dan Kebersihan Kabupaten Bandung, tahun ini masih ada 20 ribu rumah tak layak huni.

"Kami terus berupaya menurunkan jumlahnya dengan memanfaatkan dana stimulan yang terbatas," kata Kepala Dinas Perumahan Tata Ruang dan Kebersihan Kabupaten Bandung, Erwin Rinaldi, di Bandung, Rabu (5/10/2016).

Jumlah itu, kata dia, jauh lebih menurun dibandingkan pada 2009 yang mencapai 70 ribu unit rumah tak layak huni.

"Tahun berikutnya (setelah 2010) mengalami penurunan dengan memanfaatkan dana (APBD) stimulan pembenahan Rp7,5 juta per unit. Namun, adanya penurunan ini bukan berarti masalah selesai," ujar Erwin.

Dana stimulan untuk rumah tak layak huni terus digelontorkan. Di APBD murni 2016 dana rumah tak layak huni diusulkan untuk memperbaiki 1.000 unit. "Di APBD Perubahan diusulkan ditambah 800 unit, namun masih dalam masa pembahasan," kata dia.

Dana stimulan perbaikan rumah tak layak huni ini, lanjut Erwin, tidak hanya diprogramkan daerah. Pemerintah pusat, provinsi, dan swasta juga ikut membantu. Perbaikan rumah tak layak huni dilakukan berdasarkan usulan desa.


(UWA)