Gembong Narkoba Aceh Samarkan Sabu dengan Kemasan Kopi

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Jumat, 15 Sep 2017 20:15 WIB
narkoba
Gembong Narkoba Aceh Samarkan Sabu dengan Kemasan Kopi
Kapolda Jawa Barat Irjen Agung Budi Maryoto saat rilis pengungkapan sabu 4,1 Kg di Mapolda Jabar. Foto: MTVN/Octavianus Dwi Sutrisno

Metrotvnews.com, Bandung: Polda Jawa Barat mencokok tujuh orang sindikat narkoba jenis Sabut. Mereka menyelundupkan sabu dengan menyamarkannya dalam bungkus kopi.

"Mereka menyamarkan, narkoba ini dengan menggunakan kemasan kopi atau teh ini jadi semacam modus yang dilakukan mereka," ucap Kapolda Jabar, Irjen Agung Budi Maryoto, di Mapolda Jabar, Bandung, Jumat 15 September 2017.

Sebanyak 4,1 kilogram sabu diciduk bersama tujuh pelaku berinisial TK, 40, IR ,33, HS, 43, HK, 44, AL, 48, BEN ,32, dan MH, 40. Masih ada satu pelaku yang masih dalam pengejaran petugas Direktorat Reserse Narkoba Polda Jabar.

Direktur Direktorat Narkoba Polda Jabar, Kombes Asep Jenal Ahmadi, menerangkan pengungkapan kasus bermula ketika anggotanya meringkus empat pelaku di wilayah Jatihandap, Bandung. Penangkapan pelaku berinisial nama HS, HK, IR dan TK lalu dikembangkan.

petugas menyasar ke daerah Lembang dan meringkus MH pada Rabu, 13 September 2017. "Dari keempat tersangka kita temukan barang bukti satu kilogram sabu, alat timbang juga satu ons ganja," bebernya.

Selanjutnya, pengembangan terkait kasus barang haram tersebut dilanjutkan. Akhirnya kasus mengarah ke dua pelaku berinisial Ben dan AL di wilayah Sukasari Bandung.

"Dari kedua pelaku kita sita kurang lebih, tiga kilogram sabu," pungkasnya.

Mereka biasa berhubungan lewat telepon dan mentransfer uang jual-beli barang haram. Satu ons sabu dipatok Rp75 jut.

Ketujuhnya kini mendekam di balik jeruji Mapolda Jabar. Mereka dijerat pasal Pasal 114 Ayat (2), Pasal 111 Ayat (1), Pasal 112 Ayat (2), dan Pasal 132 Ayat (1) UU Narkotika dengan ancaman minimal 5 tahun penjara.


(SUR)