46.439 Kendaraan di Cirebon Menunggak Pajak

Ahmad Rofahan    •    Jumat, 15 Sep 2017 14:26 WIB
pajak kendaraan
46.439 Kendaraan di Cirebon Menunggak Pajak
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Cirebon: Sebanyak 46.439 kendaraan di Cirebon belum membayar pajak kendaraan. Jumlah tersebut adalah hasil kalkulasi dari 2014 hingga 2017.

Kepala Seksi Pendataan dan Penetapan Cabang Pelayanan Pendapatan Daerah wilayah Kota Cirebon Roni, mengatakan, jumlah potensi pajak kendaraan di Cirebon sebanyak 181.214. Para penunggak pajak memiliki alasan beragam. Ada yang belum membayar pajak karena tidak memiliki uang, ada pula yang alasan malas antre.

"Padahal, sekarang bayar pajak kendaraan bisa di banyak tempat," kata Roni di Cirebon, Jawa Barat, Jumat 15 September 2017.

Walaupun jumlah penunggak pajak kendaraan di Cirebon cukup besar, namun jumlah penerimaan pajak diakui Roni terus meningkat. Ia menuturkan, pajak kendaraan yang diterima Samsat Cirebon selalu melebihi target yang ditentukan.

"Pada 2016, kita targetkan Rp89 miliar. Namun, pendapatan pajaknya mencapai Rp94 miliar," kata Roni.

Tahun ini, Samsat Cirebon menargetkan bisa mendapatkan pemasukan dari pajak kendaraan sebesar Rp94 miliar. Guna merealisasikan target tersebut, Samsat Cirebon membuka sejumlah outlet pembayaran pajak.

Selain di Samsat induk, Samsat Cirebon juga membuka outlet keliling dan outlet di mal. Pemilik kendaraan kini juga bisa membayar pajak melalui ATM.

"Kita terus sosialisasikan. Kita juga kerjasama dengan kecamatan dan kelurahan yang ada untuk mengenalkan pembayaran Samsat online," tutupnya.


(NIN)