Jabar Targetkan 1,5 Juta Wisman pada 2017

Roni Kurniawan    •    Jumat, 25 Aug 2017 11:41 WIB
wisatawan
Jabar Targetkan 1,5 Juta Wisman pada 2017
Pariwisata Indonesia (Antara/Teresia May).

Metrotvnews.com, Bandung: Pemerintah Provinsi Jawa Barat menargetkan 1,5 juta wisatawan mancanegara pada 2017 ini. Tapi hingga Agusutus, wisman yang menyambangi Jawa Barat baru mencapai 40 persen, atau sekitar 600 ribu orang.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, Ida Hernida, mengatakan, pihaknya terus mendorong untuk mencapai target 1,5 juta wisatawan hingga akhir tahun ini. Wisata alam menjadi fokus Diparbud untuk diperkuat agar para wisman terus berdatangan ke bumi parahyangan.

"Memang yang didorong pastinya adalah masih wisata alam dan wisata budaya. Karena memang Jawa Barat ini kaya akan alam dan budaya, sehingga kita terus tingkatnya dua hal itu agar target tercapai," kata Ida disela-sela Rapat Koordinas Kementerian Pariwisata di Trans Luxury Hotel, Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung, Jumat 25 Agustus 2017.

Baca: Juni 2017, Kunjungan Wisman 1,13 Juta

Ida mengatakan, hingga kini wisman yang datang ke Jawa Barat mayoritas dari Tiongkok, Malaysia dan Singapura. Namun ia pun terus berupaya agar negara baik di Asia ataupun Eropa berdatangan ke Jabar. Akan tetapi hal itu diakui Ida tidak mudah.

"Jawa Barat itu kan luas sekali, dan kita terlalu banyak spot. Itu masih menjadi kendala kita, akses yang cukup jauh dari Ibu Kota Provinsi (Bandung) untuk ke tempat wisata di daerah lain," tutur Ida.



Ida bilang, hingga kini wisman yang datang ke Jabar lebih banyak menyambangi Kota Bandung dan Pangandaran. Dua tempat itu kerap menjadi favorit bagi wisman dengan keunggulan masing-masing.

"Banyaknya ke Bandung dan Pangandaran. Kalau Bandung itu kan banyak bangunan bersejarah, terus kulinernya juga. Kalau Pangandaran wisata alamnya, laut, pantai yang biasa disukai wisman," ujarnya.

 


(ALB)