Ini Mobil Hias Jokowi di Karnaval Parahyangan

Roni Kurniawan    •    Sabtu, 26 Aug 2017 12:58 WIB
hut ri
Ini Mobil Hias Jokowi di Karnaval Parahyangan
Kendaraan hias yang akan digunakan Jokowi. MTVN/Roni

Metrotvnews.com, Bandung: Puluhan kendaraan hias telah berbaris rapih di sepanjang Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Sabtu 26 Agustus 2017 menjelang dimulainya perayaan Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan. Kendaraan hias yang akan digunakan Presiden RI Joko Widodo nampak telah berada di depan Gedung Sate berada pada barisan depan.

Pantuan Metrotvnews.com, kendaraan hias untuk Jokowi tersebut terlihat begitu sederhana. Tak sedikit masyarakat yang sudah berdatangan ke kawasan Gedung Sate, mengabadikan kendaraan hias tersebut.

Uniknya, kendaraan hias yang akan digunakan Jokowi terdapat beberapa wajan dengan beranekaragam tulisan. Wajan-wajan tersebut nampak menghiasi kedua sisi kendaraan tersebut.

Sementara itu pada bagian belakang, terdapat tumpukan kompor dan tempat masak nasi tradisional yang menyerupai gunung. Bahkan diantara tumpukan kompor itu menggantung makanan khas Sunda yakni pete.

Sedangkan pada bagian depan kendaraan, terdapat ornamen menyerupai patung Ganesa berwarna biru. Di bagian depan pun tertuliskan Dirgahayu Republik Indonesia. 

Menurut seniman Tisna Sanjaya, untuk membuat kendaraan hias tersebut, ia melibatkan lima seniman Jawa Barat. Bahkan proses pembuatan kendaraan hias itu hanya membutuhkan waktu selama dua hari.

"Tiga hari lalu saya di telpon kang Teten untuk bikin mobil hias untuk Presiden, dan hari berikutnya saya baru mengerjakan dibantu sama seniman-seniman lain yang memiliki ahli di bidangnya. Ada kompor yang dibuat oleh ahlinya dan juga pakai jasa tukang las," kata Tisna di area Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Sabtu 26 Agustus 2017.

Tisna mengaku, kendaraan hias yang akan digunakan Jokowi itu menggambarkan kondisi negeri saat ini. Akan tetapi ia tidak menjelaskan secara detail, dan mempersilakan masyarakat yang melihat untuk menilai kendaraan hias itu.

"Jadi spiritnya Bandung itu dengan Indonesia ada kesatuan. Mobil yang dipakai Pak Jokowi, itulah visual yang ada di negeri ini, tapi didalamnya ada jiwa dan ruh," tegas Tisna.


(ALB)