Tiba di Bandung, Pejalan Kaki Asal Ciamis Berniat Naik Bus ke Jakarta

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Rabu, 30 Nov 2016 21:20 WIB
unjuk rasa
Tiba di Bandung, Pejalan Kaki Asal Ciamis Berniat Naik Bus ke Jakarta
Peserta aksi asal Ciamis yang sudah tiba di Kota Bandung, Rabu (30/11/2016). Foto: Metrotvnews.com/Octa

Metrotvnews.com, Bandung: Massa Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Ciamis yang bejalan kaki dari Ciamis menuju ke Jakarta, sudah tiba di Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu 30 November 2016.

Pimpinan Pondok Pesantren Miftahul Huda Ciamis, Masum Achmad Hasan, mengatakan santri berencana menggunakan bus. Dia khawatir santrinya tak tiba sesuai jadwal aksi yang sudah ditentukan pada 2 Desember di silang Monas, Jakarta.

"Waktu semakin mepet. Untuk sementara kita lanjut naik bus. Tapi, sebetulnya belum final. Apakah naik bus atau lanjut jalan kaki," kata Masum di Perhutani Jawa Barat, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung.

Masum menuturkan, hingga saat ini para santri yang berjalan kaki mengaku masih bersemangat. Namun karena berbagai pertimbangan, termasuk masukan dari sejumlah pihak, sebanyak 80 persen massa memutuskan menumpang bus yang telah diberikan donatur.

"Kapolda, Gubernur Jabar, Pangdam, dan Dishub menawarkan angkutan. Tapi, untuk sementara, kami menerima (bantuan) dari saudara, temen, dan donatur kami. Sekarang kan ada yang menyumbang uang. Akan kami manfaatkan itu," tuturnya.

Masum membenarkan terjadi penyusutan jumlah pejalan kaki yang akan ikut aksi pada 2 Desember nanti di Jakarta. "Kebanyakan yang kembali pulang itu yang perempuan. Awalnya kita berangkat 10.000 orang," kata dia.

Baca: Tersisa 86 Warga Ciamis yang Berjalan Kaki ke Jakarta

Hingga kemarin, sebanyak 86 orang masih bertahan untuk berjalan kaki. 

Sebelumnya, massa aksi dari GNPF MUI Ciamis melakukan jalan kaki menuju Jakarta untuk mengikuti aksi bela Islam jilid III di lapangan Monas, Jakarta, Jumat 2 Desember.

 


(UWA)