Hiu Tutul Seberat 1 Ton Terdampar di Pangandaran

Yosep Trisna    •    Rabu, 30 Nov 2016 13:07 WIB
hewan dilindungi
Hiu Tutul Seberat 1 Ton Terdampar di Pangandaran
Ilustrasi--Warga mengamati bangkai Hiu Tutul (Rhincodon typus) yang terdampar di pinggir Pantai Kenjeran, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (25/10)--ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Metrotvnews.com, Pangandaran: Hiu tutul seberat satu ton terdampar di Pantai Bojong Karekes, Desa Babakan, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Hiu ditemukan dalam keadaan mati, Rabu (30/11/2016).

Hiu terdampar ke pantai diduga kearena terbawa arus. Adalah warga pemanjat pehon kelapa yang kali pertama mendapati hewan itu. Dia memberitahu warga lainnya yang lalu ramai-ramai memotong ikan dan membagikan dagingnya.

Menurut warga, kemunculan ikan bernama latin rhincodon typus itu biasanya menjadi pertanda baik. Ikan di laut biasanya melimpah.

Baca: Kemarau, Hiu Banyak Terdampar di Perairan Surabaya

Pada Oktober lalu, nelayan di Surabaya, juga menemukan lima ekor hiu masuk ke dalam jaring. Fenomena terdamparnya ikan hiu tutul di perairan Surabaya, Jawa Timur, dinilai karena musim kemarau panjang.

Saat kemarau, hiu yang sebagian besar datang dari Australia mencari makan hingga ke perairan Surabaya. Kepala Bidang Perikanan dan Kelautan Dinas Pertanian Kota Surabaya Aries Munandar menjelaskan, hiu tutul mencari udang rebon dan teri hingga ke Surabaya.

Aries menjelaskan, udang rebon dan ikan berukuran kecil menjadi makanan hiu. Udang rebon melimpah saat kemarau.


(YDH)