Hingga Oktober 2016, Kuningan Dilanda 60 Kali Longsor

Nurul Hidayah    •    Selasa, 22 Nov 2016 17:17 WIB
longsor
Hingga Oktober 2016, Kuningan Dilanda 60 Kali Longsor
Ilustrasi. Foto: Antara/Novrian Arbi

Metrotvnews.com, Kuningan: Selain rawan bencana longsor, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, juga rawan terkena angin kencang maupun angin putting beliung. Hujan turun setiap hari, warga pun diminta meningkatkan kesiagaan.

“Wilayah Kabupaten Kuningan memang rawan terkena angin puting beliung atau angin kencang,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kuningan, Agus Mauludin, Selasa (22/11/2016). 

Tahun ini menurut Agus sudah terjadi 39 kali angin kencang maupun angin puting beliung di Kuningan. Terakhir, angin kencang terjadi di daerah Luragung dan menyebabkan 5 pohon besar tumbang. Salah satu pohon ada yang menimpa warung. 

“Tapi tidak ada korban jiwa,” kata Agus.

Kuningan, kata Agus, rawan terkena bencana angin kencang karena letaknya berada di pegunungan. Bencana ini juga membuat Kuningan rawan longsor.

BPBD Kuningan mencatat sudah ada 60 bencana longsor hingga Oktober lalu. "Lebih banyak dibandingkan tahun lalu," ujar Agus.

Menurut Agus, longsor yang terjadi sejak Januari hingga Oktober lalu mencapai 60 kali. “Tahun kemarin tidak sebanyak ini,” kata Agus. 

Banyaknya longsor sepanjang tahun ini, kata dia, karena minimnya musim kemarau. Beruntung, tak ada korban jiwa dalam rentetan peristiwa itu.

Agus meminta warga meningkatkan kesiagaan. Terutama bagi warga yang tinggal di daerah rawan bencana.

 


(UWA)