Pabrik Pengolahan Kayu Terbakar , 8 Orang Terluka

Kristiadi    •    Minggu, 22 Jul 2018 17:07 WIB
kebakaran
Pabrik Pengolahan Kayu Terbakar , 8 Orang Terluka
ilustrasi-medcom.id

Ciamis: Sebuah pabrik pengolahan kayu milik PT Korean Business Network (KBN) di Dusun Sukasenang, Desa Bojongmengger, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat terbakar. Akibatnya delapan orang dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ciamis karena terluka bakar.

"Kebakaran melukai delapan orang berada di dalam, termasuk dua petugas dari Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis yang sedang memadamkan api," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik pada BPBD Kabupaten Ciamis, Ani Supiani, Minggu 22 Juli 2018.

Ani mengatakan, dua petugas dari BPBD Kabupaten Ciamis itu bertugas sebagai anggota Satgas Pusdalops bernama Erik Risnandar dan Dian Rahayu. Keduanya, terluka bakar karena tungku pembakaran yang meledak saat menyelamatkan korban. 

"Erik Risnandar kini dirujuk ke RSHS Bandung, karena mengalami luka cukup berat berada di bagian wajah, tangan dan pakaian yang dikenakannya ikut terbakar," ujarnya.

Kejadian berawal dari terbakarnya tungku pembakaran di salah satu pabrik pengolahan kayu pada Sabtu, 21 Juli 2018 malam, sekitar pukul 20.45 WIB. Petugas dari pemadam kebakaran melakukan pemadaman dibantu petugas BPBD dan karyawan PT KBN untuk mengevakuasi sejumlah material mesin-mesin pengopenan dan mengeluarkan serbuk kayu dari lokasi tersebut.

"Titik terbakarnya pengolahan kayu tersebut berada di areal tungku hingga kedua petugas BPBD ikut terbakar dan korban beruntung bisa dievakusi oleh petugas lainnya hingga dilarikan ke RSUD Ciamis. Api telah dipadamkan pada pukul 02.00 WIB," paparnya.

Kasat Reskrim Polres Ciamis AKP Hendra Virmanto mengungkapkan, kebakaran yang terjadi di pabrik pengolahan kayu milik PT KBN masih diselidiki. 

"Anggota masih terus menggali keterangan dari korban dan warga yang dekat dengan pabrik tersebut," ujarnya.



(LDS)