Ratusan Polisi dan Petugas Kesehatan Diberangkatkan ke Lombok

Hendrik Simorangkir    •    Senin, 06 Aug 2018 19:31 WIB
Gempa Lombok
Ratusan Polisi dan Petugas Kesehatan Diberangkatkan ke Lombok
Asisten Operasi Kapolri Irjen Deden Juhara melepaskan pasukan bantuan ke Lombok, Senin 6 Agustus 2018, Medcom,id - Hendrik

Tangerang: Polri memberangkatkan 400 personel dan 60 petugas kesehatan ke Mataram, Nusa Tenggara Barat. Mereka bertugas membantu penanganan korban bencana gempa berkekuatan 7,0 SR yang mengguncang wilayah Lombok pada Minggu, 5 Agustus 2018.

Asisten Operasi Kapolri Irjen Deden Juhara mengatakan personel bertugas di Lombok Utara dan Lombok Timur. Namun pada gelombang pertama, sebanyak 200 polisi dan 15 petugas kesehatan yang diberangkatkan.

"Sisanya menyusul," ujar Deden dalam pelepasan tim di Polres Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin, 6 Agustus 2018.

Deden menjelaskan, pasukan juga membawa barang-barang yang diperlukan bagi korban gempa seperti makanan, peralatan kesehatan, dan obat-obatan. 

"Pada prinsipnya, kami akan maksimal membantu. Operasi kemanusiaan dilakukan, baik pertolongan kesehatan, evakuasi, bantuan makanan. Semua dilakukan," jelasnya. 

Saat ditanya terkait wilayah mana yang mengalami kerusakan paling berat, Deden mengungkapkan, terjadi di wilayah Lombok Timur. "Kami akan fokus di Lombok Timur terlebih dahulu," pungkasnya. 

Ratusan personel tersebut berangkat melalui Terminal Kargo Bandara Soekarno-Hatta dengan menumpang maskapai Lion Air menuju ke Lombok, NTB. 

Gempa berkekuatan 7,0 SR mengguncang wilayah Lombok dan Sumbawa di NTB, serta Bali, Minggu 5 Agustus 2018 pukul 19.46 WITA, dengan korban meninggal 91 orang.  


(RRN)