Lampu Jalan di Depok Bakal Ditambah

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Sabtu, 30 Jun 2018 10:04 WIB
lampu penerangan
Lampu Jalan di Depok Bakal Ditambah
Ilustrasi lampu, Medcom.id - M Rizal

Depok: Kurang lebih 9.024 penerangan jalan umum (PJU) tersebar di Kota Depok, Jawa Barat. Namun Dinas Perhubungan Kota Depok berencana PJU untuk meminimalisasi potensi tindak kriminal di jalan raya.

Kepala Dishub Kota Depok Dadang Wihana mengatakan rencananya, sebanyak 1.541 lampu dipasang di jalan raya pada 2018. Kemudian, tahun depan, Dishub akan menambah kurang lebih 500 lampu.

"Itu bertujuan menjaga keamanan di lingkungan dan jalan raya," ujar Dadang, Jumat, 29 Juni 2018.

Pada malam hari, ungkap Dadang, kecelakaan dan tindak kriminal berpotensi terjadi. Terutama, di jalan yang penerangannya minim. Selain itu, Dadang juga akan memperbaiki lampu lalu lintas yang sudah tak berfungsi. 

Baca: Bocah Korban Pelemparan Batu di Depok Jalani Operasi Gratis

Dadang menyebutkan lokasi pelemparan batu di Kelurahan Kemiri Muka, Kecamatan Beji Kota Depok, memang minim penerangan. Sebab, lampunya rusak. Kejadian itu mengakibatkan bocah bernama Raffa, 9, harus menjalani operasi plastik akibat luka berat pada wajahnya.

"Kemarin di tempat kejadian pelemparan itu, memang sedang ada kerusakan kabel di bagian bawah tanah, kita sudah intervensi untuk diperbaiki dan sekarang sudah kembali normal. Kita sudah mengikuti aturan, tiap empat kilometer di Jalan Ir H Juanda kita telah pasang JPU ," paparnya.

Lantaran penerangan minim, polisi sulit menangkap pelaku. Meski ada kamera CCTV, polisi juga sulit mengidentifikasi pelaku. Tapi, kini, polisi sudah menyebarkan sketsa wajah pelaku.


(RRN)