Alat Pindai Retina 'Pantau' PNS Pemkot Bandung Masuk Kantor

Roni Kurniawan    •    Kamis, 21 Jun 2018 13:16 WIB
pns
Alat Pindai Retina 'Pantau' PNS Pemkot Bandung Masuk Kantor
ASN Pemkot Bandung bersalaman dengan Pjs Wali Kota Bandung Muhamad Solihin, Kamis, 21 Juni 2018, Medcom.id - Roni Kurniawan

Bandung: Masa cuti bersama Idulfitri 1439 Hijriah usai pada Rabu, 20 Juni 2018. Artinya, aparatur sipil negara (ASN) harus masuk kantor pada Kamis, 21 Juni 2018. Pemerintah Kota Bandung, Jawa Barat, pun memantau kehadiran ASN dengan alat elektronik.

Penjabat Wali Kota Bandung Muhammad Solihin mengatakan rekap absensi dengan elektronik mendata 99 persen ASN masuk kantor. Rekap itu didapat dari laporan Badan Kepegawaian Daerah Kota Bandung.

"Sementara satu persen ASN tak hadir karena sakit dan dinas luar kota. Sehingga Pemkot Bandung memberikan toleransi dan tidak memberikan sanksi pada mereka," ujar Solihin di Balai Kota Bandung di Jalan Wastukencana.

Solihin mengatakan sudah memperingatkan ASN untuk masuk kantor sesuai aturan. Ia pun meminta ASN tetap bekerja dan memberikan pelayanan pada masyarakat sesuai tugas masing-masing.

"Jadi jangan asal absen hadir saja tapi enggak kerja. Sama saja itu, kita akan monitoring melalui setiap kepala dinasnya," tuturnya.

Terlebih para ASN telah mendapatkan THR sekaligus tunjangan kinerja daerah (TKD) sebelum lebaran sehingga dipastikan tidak akan kekurangab saya merayakan lebaran.

"Malu atuh udah libur panjang dan dapat THR, masih berleha-leha," pungkasnya.

Pemkot Bandung menggunakan alat elektronik untuk memantau kehadiran ASN. Alat tersebut memindai retina tiap pegawai yang menjadi pendeteksi kehadiran sejak digunakan tiga tahun lalu.

Setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) memiliki satu alat pendeteksi retina. Alat itu akan merekam kedatangan tiap pegawai sesuai jam kerja mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.


(RRN)