Daftar Tunggu Haji di Cirebon Hingga 15 Tahun

Ahmad Rofahan    •    Senin, 09 Jul 2018 14:38 WIB
Haji 2018
Daftar Tunggu Haji di Cirebon Hingga 15 Tahun
Suasana pendaftaran haji di Kemenag Cirebon

Cirebon: Masyarakat Cirebon yang mendaftar haji saat ini harus menunggu hingga 15 tahun agar dapat berangkat ke Arab Saudi. Bagi masyarakat yang belum mendaftarkan ibadah haji dan sudah memiliki biaya yang cukup, lebih baik untuk segera mendaftarkan diri.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Kabupaten Cirebon, Muslim Muchlas, mengatakan,untuk para pendaftar haji pada tahun ini, maka keberangkatannya diprediksi pada tahun 2033.

"Masa tunggunya 15 tahun. Jadi, yang daftar sekarang, berangkatnya sekitar 15 tahun lagi," kata Muslim, Senin, 9 Juli 2018.

Namun menurut Muslim, estimasi waktu keberangkatan tersebut, bisa saja berubah. Seperti halnya, ada penambahan kuota, atau adanya pergantian calon haji yang berhalangan berangkat.

"Masih memungkinkan untuk maju keberangkatannya," kata Muslim.


Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh kemenag Cirebon.

Selain itu, sambung Muslim, bagi yang berumur 75 tahun, ada prioritas untuk didahulukan dalam keberangkatan. Baik itu melalui proses pergantian calon haji yang terkendala berangkat atau kondisi lainnya. Namun, ada syarat yang harus dipenuhi oleh calon haji tersebut.

Menurut Muslim, selain sudah berumur 75 tahun, kategoria lanjut usia yang akan diprioritaskan keberangkatannya, yaitu yang sudah mendaftar haji selama tiga tahun lamanya.

"Jadi, yang kita prioritaskan itu yang memenuhi syarat umur 75 tahun atau lebih dan mendaftar sudah tiga tahun lamanya," kata Muslim.

Muslim sendiri mengakui, bahwa jumlah pendaftar haji di Kabupaten Cirebon dari tahun ke tahun terus meningkat. Namun ia juga menghawatirkan, karena mayoritas pendaftar sudah lanjut usia.

Makanya, prioritas tadi akan diterapkan, kalau memenuhi syarat," kata Muslim.


(ALB)