Harga Telur Ayam Terus Merangkak

Antonio    •    Selasa, 17 Jul 2018 11:12 WIB
telur ayam
Harga Telur Ayam Terus Merangkak
Ilustrasi. (Foto: Antonio)

Bekasi: Harga telur ayam di Pasar Baru, Kota Bekasi, Jawa Barat, naik. Saat ini harga telur ayam mencapai Rp28 ribu/kg dari semula Rp21 ribu/kg. Kenaikan diduga karena tidak seimbangnya permintaan dan ketersediaan telur. 

Salah satu pedagang di Pasar Baru, Asep, 27, menjelaskan kenaikan harga dimulai sejak selesai Lebaran. Harga terus merangkak sekitar Rp500 sampai Rp1.000 per hari.

Ia mengungkap jumlah telur ayam yang dapat dibeli dari pemasok di Blitar, Jawa Timur, juga dibatasi. Biasanya Asep dapat membeli 2,8 ton, namun saat ini dijatah 2 ton.

"Tapi tetap kita ambil karena yang beli tetap normal," kata dia di Bekasi, Selasa, 17 April 2018.

Ia menuturkan, walaupun tidak ada penurunan jumlah pembeli, namun beberapa di antaranya mengeluhkan kenaikan harga.

"Kita berharap supaya harganya turun lagi, kembali normal. Karena langganan juga ngeluh. Kita pusing, yang beli juga pusing," tuturnya.

Berdampak ke Warung Makan

Indah, penjual makanan di Bekasi Timur, mengatakan kenaikan harga telur sudah dirasakan selama beberapa pekan ke belakang. Hal itu berdampak ke penjualan di warung makannya.

Pasalnya, telur salah satu menu favorit di warung makan tersebut. "Harganya tetap enggak dinaikkan, nanti yang makan di sini komplain kalau kita naikin harganya," ujarnya.

Jika membeli di warung kelontong, kata dia, harga telur mencapai Rp30 ribu/kg. Ia berharap agar harga bisa kembali normal. 

"Sekarang saya beli di pasar, semoga harganya bisa normal lagi," tutupnya.



(LDS)