Dua Tahun, Delapan Bus Hibah Tak Beroperasi di Bogor

Rizky Dewantara    •    Selasa, 28 Aug 2018 18:53 WIB
transportasi lain
Dua Tahun, Delapan Bus Hibah Tak Beroperasi di Bogor
Bus hibah dari Kemenhub yang hanya parkir di area yang disewa Dishub Kota Bogor karena tak beroperasi, Selasa, 28 Agustus 2018, Medcom.id - Rizky Dewantara

Bogor: Kementerian Perhubungan menghibahkan 10 bus kepada Dinas Perhubungan Kota Bogor, Jawa Barat, pada 2016. Namun dua tahun berselang, baru dua bus yang beroperasi di Kota Bogor.

Delapan bus lainnya parkir di dua lokasi berbeda. Empat di antaranya parkir di Kantor Dishub Kota Bogor di Jalan Raya Tajur.

Baca: Pemkot Bogor Belum Dapat Informasi Penarikan Bus Hibah

Pantauan Medcom.id, Selasa, 28 Agustus 2018, empat bus berjejer di area parkir. Bus-bus tersebut berwarna biru. Di sisi kiri dan kanan bus terdapat tulisan: Kementeria Perhubungan TA 2016.

"Empat bus itu sengaja disimpan di sana dengan menyewa lahan orang, karena tidak ada lahan parkir di Kantor Dishub Kota Bogor," ungkap seorang petugas keamanan Dishub Kota Bogor yang enggan namanya ditulis.

Salah satu bus mengalami kerusakan. Kaca di sisi kiri retak dan pecah.

Sementara tiga bus lain dalam kondisi utuh. Hanya saja, bodi bus berdebu. Masing-masing bus memiliki daya tampung kurang lebih 40 orang.

Petugas yang mengenakan baju berwarna itu mengatakan empat bus lain disimpan di daerah Kelurahan Bubulak, Kecamatan Bogor Barat. Sebab, area parkir di Dishub Kota Bogor tak mampu menampung semua bus.

Sementara dua bus lain beroperasi untuk melayani penumpang di Kota dan Kabupaten Bogor. Dua bus dioperasikan oleh Transpakuan Bogor dengan rute Terminal Baranangsiang Bogor ke Belanova Sentul Kabupaten Bogor.

 


(RRN)