Polisi Usut Penyebab Kebakaran Pasar Induk Gedebage

P Aditya Prakasa    •    Selasa, 04 Sep 2018 12:55 WIB
kebakaran pasar
Polisi Usut Penyebab Kebakaran Pasar Induk Gedebage
Sejumlah kios di Pasar Gedebage yang hangus terbakar. Medcom.id/Aditya

Bandung: Kebakaran di Pasar Gedebage kembali terjadi, kemarin, Senin, 3 September 2018, sore. Ratusan kios di area basahan blok tiga sampai blok tujuh hangus dilalap api.‎ Polisi saat ini masih menyelidiki mencari penyebab kebakaran.

"Yang pasti akan ada penyelidikan untuk mencari penyebab kebakaran, apakah itu karena kelalaian atau karena kesengajaan," kata Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko saat dihubungi, Selasa, 4 September 2018.

Dari informasi yang dihimpun, kebakaran diduga karena pembakaran sampah di sekitar lokasi pasar. Api kemudian merembet ke objek lain sehingga ikut menghanguskan bangunan lainnya.

"Informasi awalnya kan karena kelalaian dari pembakaran sampah. Nanti diselidiki sebab pastinya, kalau terbukti ada kesengajaan, dilanjutkan dengan proses hukum," ujar Trunoyudo. 



Sementara itu, Kepala Polrestabes Bandung Kombes Pol Irman Sugema mengatakan, pihaknya telah meminta bantuan Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri untuk mengusut peristiwa kebakaran tersebut.

"Tim Labfor sudah turun untuk olah TKP," ucap Irman saat dihubungi, Selasa 4 September 2018.



Kini polisi telah memasang garis polisi di kios-kios yang terbakar. Saksi-saksi di lokasi kebakaran juga diperiksa untuk proses penyelidikan.

Disinggung soal adanya unsur kesengajaan dalam kebakaran tersebut, Irman belum bisa memastikan. Pihaknya masih menunggu hasil uji Labfor untuk menentukan penyebab kebakaran.

"Saya belum bisa pastikan penyebabnya, sedang dikoordinasikan dengan tim Labfor, nanti tunggu hasil penyelidikan," kata dia.



(ALB)