Ridwan Kamil Serahkan Calon Pendamping di Pilgub ke Koalisi

Roni Kurniawan    •    Rabu, 30 Aug 2017 12:21 WIB
pilgub jabar 2018
Ridwan Kamil Serahkan Calon Pendamping di Pilgub ke Koalisi
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. Foto: MTVN/Roni

Metrotvnews.com, Bandung: Wali Kota Bandung Ridwan Kamil terus berupaya untuk menggandeng sejumlah partai politik guna menggalang dukungan maju ke Pilgub Jawa Barat 2018 mendatang. Setelah NasDem dan PKB menyatakan dukungan, Ridwan Kamil kini coba intens komunikasi ke PAN.

Wali Kota yang akrab disapa Emil itu mengaku ingin menarik sejumlah partai politik untuk bekoalisi di Pilgub Jabar. Namun ia tetap mengutamakan visi misi dengan sejumlah parpol tersebut agar memiliki tujuan sama membangun Jabar.

"Pada dasarnya kan saya ingin menarik koalisi sebanyak-banyaknya. Semakin banyak yang mendukung, semakin baik," kata Emil saat ditemui di Taman Sejarah, Jalan Aceh, Kota Bandung, Kamis 30 Agustus 2017.

Emil pun berharap mendapat dukungan dari PAN meskipun mengetahui keputusan Bima Arya untuk menetap di Bogor. Akan tetapi ia tidak bisa memaksa PAN untuk memberi dukungan di Pilgub Jabar.

"Kalau PAN mendukung alhamdulillah, kalau tidak, tidak jadi masalah jika dengan berbagai pertimbangan. Karena politik harus cocok, jangan sampai ada pemaksaan," urai Emil.

Emil enggan mendapat dukungan dari parpol yang tidak memiliki visi misi yang sama. Pasalnya hal itu tidak akan memuluskan jalannya untuk membangun Jawa Barat. "Jadi kalau bisa bergabung dengan kesepakatan politis saya kira itu menjadi sebuah nilai plus."

Disinggung mengenai untuk pendamping di Pilgub Jabar, Emil menyerahkan hal itu kepada parpol koalisi yang akan mendukungnya. Sebab setiap parpol yang melakikan komunikasi, mengajukan nama-nama untuk menjadi bakal calon gubernur Jabar.

"Saya tidak bisa menentukan sendiri, itu nanti keputusannya ada di koalisi. Tapi jika koalisi menyerahkan ke saya, baru saya akan mencari orang yang bisa bekerjasama," tegasnya.


(ALB)