Delapan Orang Dibekuk Diduga Berkaitan dengan Teror Bom Kampung Melayu

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Rabu, 07 Jun 2017 22:19 WIB
ledakan di kampung melayu
Delapan Orang Dibekuk Diduga Berkaitan dengan Teror Bom Kampung Melayu
Seorang warga melihat karangan bunga belasungkawa atas ledakan bom yang terjadi di Kampung Melayu, Jakarta, MI - Bary Fathahilah

Metrotvnews.com, Bandung: Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Yusri menegaskan delapan orang dibekuk diduga berkaitan dengan teror bom Kampung Melayu, Jakarta Timur. Dua di antaranya dibekuk di kawasan Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada Rabu 7 Juni 2017.

"Ada dua hari ini yang kita amankan sekitar pukul 08.00 WIB, di daerah Cileunyi yaitu MA dan WT penggeledahan juga kita lakukan do rumah keduanya," ungkap Yusri saat dihubungi Metrotvnews.com, Rabu 7 Juni 2017.

Yusri menuturkan MA dan WT merupakan pemilik yayasan komunitas yang diikuti juga oleh para terduga yang lain.

"Jadi di yayasan ini, mereka mengadakan pertemuan sambil mengajar ajaran jaringan mereka," ucapnya.

Yusri menjelaskan, dua pelaku lain yang berhasil diamankan petugas pada Senin 6 Juni 2017, yaitu FS dan K. MA dan WT sempat melakukan kegiatan keagamaan bersama dua pelaku bom bunuh diri Kampung Melayu yaitu IMS dan AS.

"Jadi lima hari sebelum kejadian mereka sempat mengadakan kegiatan keagamaan. Saat itu, keempat orang itu mengisi tausiyah. Jadi diduga, mereka ini sebagai motivator," jelasnya.

Selanjutnya, Yusri mengatakan pihaknya masih terus melakukan pengembangan terkait kasus bom bunuh diri di Kampung Melayu.

"Ini masih terus kita dalami ya, termasuk peran dari tiga orang lain yang sudah kita amankan," tandasnya.

AS dan IMS merupakan warga Jawa Barat yang telah ditetapkan sebagai pelaku bom bunuh diri di Kampung Melayu beberapa waktu lalu. 

Polisi terus melakukan penggeledahan ke beberapa lokasi rumah terduga teroris yang lain guna membongkar jaringan teror bom Kampung Melayu.


(RRN)