Pilkada Jabar 2018

PDI Perjuangan Pertimbangkan Calon Eksternal untuk Pilgub Jabar

Roni Kurniawan    •    Senin, 25 Sep 2017 11:19 WIB
pilkada 2018
PDI Perjuangan Pertimbangkan Calon Eksternal untuk Pilgub Jabar
Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi dalam parade peringatan HUT TNI di Purwakarta, Reza Sunarya

Metrotvnews.com, Bandung: Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan mempertimbangkan calon di luar partai untuk ikut serta dalam Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2017. Satu di antaranya Dedi Mulyadi.

Hingga September 2018, PDI Perjuangan belum memunculkan nama yang maju sebagai bakal calon gubernur Jabar. Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jabar Abdy Yuhana mengklaim masih menganalisis pendapat dan pertimbangan lain untuk mendukung calon.

"Kami tidak mau berandai-andai ya. Karena PDI Perjuangan sudah punya strategi dan skenario sendiri untuk Pilkada," kata Abdi melalui sambungan telepon kepada Metrotvnews.com, Senin 25 September 2017.

Abdy mengaku tak memungkiri PDI Perjuangan akan mengusung Dedi Mulyadi, yang notabene kader Partai Golkar. Alasannya, pria yang menjabat sebagai Bupati Purwakarta itu memiliki elektabilitas bagus. Sehingga sosialisasi ke masyarakat pun lebih mudah.

Dedi, lanjut Abdy, merupakan Ketua DPD Golkar Jawa Barat. Abdy menilai Dedi memiliki mesin partai yang efektif. Golkar merupakan partai dengan raihan suara tertinggi kedua, setelah PDI Perjuangan di DPRD Jabar. Golkar mengantongi 17 kursi. Sementara PDI Perjuangan menduduki 20 kursi.

"Lalu, dia (Dedi) sudah niat maju dan sosialisasi sejak tiga tahun lalu. Saya kira itu nilai lebihnya. Artinya, aspek elektabilitasnya bagus," tutur Abdy.

PDI Perjuangan memiliki strategi dan skenario pemilihan kepala daerah. Sehingga semua pendapat dan masukan masih dalam pertimbangan.


(RRN)