Tidak Sekedar Minum, Ilmu Kopi Pun Didapat

Jaenal Mutakin    •    Sabtu, 30 Sep 2017 17:20 WIB
Tidak Sekedar Minum, Ilmu Kopi Pun Didapat
Ribuan masyarakat Bandung berbondong-bondong mengantre kopi dari 54 stand pegiat kopo di acara Gedung Sate Festival. Foto: MTVN/Jaenal Mutakin

Metrotvnews.com, Bandung: Ribuan masyarakat Bandung berbondong-bondong mengantre kopi khas Nusantara di acara Gedung Sate Festival "Semarak Pesta Rakyat" di Jalan Diponegoro, Sabtu 29 September 2017. Masyarakat pun dapat belajar seputar pengetahuan di balik kopi.

Sebanyak 54 stan dari para pegiat kopi ambil andil pada puncak HUT Ke-72 Jawa Barat ini. Kopi diberikan secara cuma-cuma. Setiap stan berlomba-lomba memperkenalkan kopinya.

Gubernur Jawa Barat, Ahmad 'Aher' Heryawan, pun berusaha mempromosikan beragam kopi asal Tanah Pasunda. Mulai dari Kopi Manglayang, Suji, Gunung Malabar, Preanger, Rancakalong, Sanghyang, Pastal, Badranaya, Batu lonceng, Palasari, Pasundan Lembang, dan beragam kopi-kopi dari Jawa Barat yang lain.

Tak hanya kopi, Aher juga memperkenalkan teh khas Jabar. "Mari kita mencicipi kopi dan teh dari berbagai daerah yang diracik secara tradisional, baik wisatawan Bandung dan luar Bandung," katanya di Gedung Sate, Bandung, Sabtu, 30 September 2017

Salah seorang pengunjug, Ami, 33, mengatakan Festival kopi ini sangat menarik. Selain dapat menikmati kafein khas Indonesia, dia banyak mendapat pengetahuan tentang kopi tersebut.

Mulai dari manfaat bagi kesehatan. Hingga kopo Jabar yang ternama di mancanegara. "Pokoknya mantap, menikmati kopi plus dapat pengetahuan, ini aset Jabar," kata Ami.
(SUR)