Truk Pilih Tabrak Pos Perlintasan Ketimbang Kereta

Ahmad Rofahan    •    Senin, 10 Jul 2017 19:49 WIB
kecelakaan truk
Truk Pilih Tabrak Pos Perlintasan Ketimbang Kereta
Proses evakuasi truk menabrak pos perlintasan sebidang di Desa Mertapada Kulon, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, Jabar. (Metrotvnews.com/Ahmad Rofahan)

Metrotvnews.com, Cirebon: Entah bagaimana nasib Mahmudin, 40, warga Karangsuwung, Kecamatan Karangsembung, jika tidak menabrakkan truk yang dikendarainya ke pos jaga perlintasan kereta api. 

Truk yang dia kendarai mengalami rem blong saat tiba di perlintasan sebidang di Desa Mertapada Kulon, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Saat itu pintu perlintasan sudah menutup. Dia banting stir dan menabrak pos perlintasan.

Heri Heriyanto, petugas jaga lintasan, mengaku saat itu, sekitar pukul 16.40 WIB akan melintas kereta Gaya Baru Malam. “Pintu perlintasan sudah ditutup. Tiba-tiba truk menabrak pos jaga,” kata Heri saat ditemui Metrotvnews.com di lokasi kejadian, Senin 10 Juli 2017. Kereta melintas beberapa saat setelah truk menabrak pos.

Manager Humas Daop 3 Cirebon Krisbiyantoro mengatakan kejadian itu mengakibatkan kerusakan bangunan. Namun tidak mengganggu alat pengoperasian palang pintu perlintasan. “Semua alat masih berfungsi dengan baik,”ujar Kris. 

Pihaknya akan meminta pertanggungjawaban pemilik kendaraan untuk melakukan pembenahan.

Pantauan di lokasi, truk membuat tembok bangunan jebol dan hampir roboh. Moncong truk menghantam telak bagian pojok bangunan, sehingga membuat lobang yang cukup besar. 

Perlu dua traktor ukuran besar, untuk mengevakuasi bangkai truk yang masih dipenuhi tebu itu. Truk berhasil dievakuasi pada pukul 19.00 WIB dan dibawa ke Polsek Astanajapura.


(SAN)