Runway BIJB Bakal Diperpanjang

Faisal Abdalla    •    Selasa, 16 Oct 2018 00:47 WIB
Bandara Internasional Jawa Barat
<i>Runway</i> BIJB Bakal Diperpanjang
Suasana bangunan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat. Antara/M Agung Rajasa

Bandung: Surat izin memperpanjang landasan pacu (runway), apron, dan taxiway Bandara Internasional Jawa Barat di Kertajati, Majalengka, telah diterbitkan. Perpanjangan runway diharapkan rampung akhir tahun ini.

"Jadi untuk melakukan perpanjangan tiga hal itu, suratnya sudah (terbit) dari gubernur (Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil)," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat Iwa Karniwa di Kota Bandung dilansir dari Antara, Senin, 15 Oktober 2018. 

Iwa mengatakan surat izin ini akan ditindaklanjuti dengan perjanjian serah terima aset. Ini merupakan bagian penyertaan modal Angkasa Pura II ke BIJB. 

Dengan surat izin ini, PT AP II dapat memperpanjang landasan pacu dari 2.500 meter menjadi 3 ribu meter. Panjang apron dan taxiway akan menyesuaikan. 

Perpanjangan landasan pacu BIJB ini merupakan kesepakatan antar pemangku kepentingan dan Pemprov Jawa Barat. Kesepakatan itu diteken pada 1 Oktober 2018. 

"Jadi Pemprov Jabar mendukung rencana pembangunan dan peningkatan fasilitas sisi udara. Sehubungan dengan hal itu AP II dapat memakai lahan milik Pemprov," tandasnya.

Perpanjangan landasan pacu BIJB akan dibiayai pemerintah pusat. Diharapkan perpanjang rampung akhir tahun ini. 

"Sehingga pesawat berbadan lebar bisa mendarat di BIJB," tandasnya.





(AZF)