Jenazah Nelayan Ditemukan di Pinggir Pantai

Farhan Dwitama    •    Selasa, 25 Dec 2018 16:49 WIB
Tsunami di Selat Sunda
Jenazah Nelayan Ditemukan di Pinggir Pantai
Relawan mengevakuasi jasad nelayan yang menjadi korban terjangan tsunami di Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten, Selasa, 25 Desember 2018, dok: istimewa

Tangerang: Satu nelayan ditemukan dalam kondisi tak bernyawa di pantai Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten. Ia merupakan korban terjangan tsunami yang berasal dari Selat Sunda.

Yudi, relawan dari Tangerang Selatan, mengatakan korban diketahui bernama Muksin. Ia berprofesi sebagai nelayan obor di pantai tersebut. Relawan menemukan korban tertimbun material pohon dan akar. 

"Jenazah kami temukan dalam kondisi sudah bengkak serta luka pada tubuhnya," ujar Yudi, Selasa, 25 Desember 2018.

Saat ini, bibir pantai Tanjung Lesung dipenuhi sampah yang terbawa arus gelombang tsunami. Ranting dan akar menumpuk. Kondisi itu mempersulit tim gabungan mengevakuasi korban.

“Banyak bekas pepohonan sulit diakses kendaraan,” terang dia. 

Tim evakuasi dari unsur BNPB, Tagana, TNI, dan Kepolisian masih terus menyisir mencari korban baik menggunakan jalur darat ataupun pantauan udara menggunakan helikopter.

Sementara itu, jumlah korban yang meninggal akibat terjangan tsunami mencapai 429 orang. Sedangkan 1.485 orang terluka.

Sebanyak 154 orang masih dinyatakan hilang serta 16.082 orang terpaksa mengungsi akibat bencana ini. Keseluruhan korban berasal dari lima kabupaten terdampak bencana. 

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan meningkatnya jumlah korban ini lantaran tim SAR gabungan mulai menyisir daerah-daerah yang sebelumnya sulit dijangkau. Sejumlah akses yang sebelumnya tertutup mulai bisa dilalui.

Baca: Korban Meninggal Tsunami Selat Sunda jadi 429 Orang

Selain korban jiwa, bencana ini juga mengakibatkan kerugian materi meliputi 882 unit rumah rusak, 73 unit penginapan, 434 unit perahu dan kapal rusak, 60 unit warung rusak, 24 kendaraan roda empat rusak, 41 sepeda motor rusak, 1 dermaga dan 1 shelter juga rusak.

Pesisir Kabupaten Pandeglang, Banten, merupakan daerah yang paling parah terdampak tsunami Selat Sunda.

Lihat video:
 


(RRN)