Pencarian Korban Tsunami Diperluas ke Pulau

Roni Kurniawan    •    Selasa, 25 Dec 2018 10:44 WIB
Tsunami di Selat Sunda
Pencarian Korban Tsunami Diperluas ke Pulau
Tim Basarnas berkoordinasi menemukan korban tsunami di pesisir Banten, Selasa 25 Desember 2018, dok: Basarnas

Banten: Pencarian korban tsunami Selat Sunda di Banten memasuki hari keempat pada Selasa, 25 Desember 2018. Area pencarian diperluas ke empat sektor.

Menurut Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Banten M Zaenal Arifin, tim gabungan dibagi menjadi empat yakni alfa, bravo, charlie, dan delta. Bukan hanya daratan, pencarian korban juga dilakukan di pulau-pulau kecil terdekat.

"Tim alfa fokus menyisir sektor I yang berada di wilayah Cinangka dan Carita. Tim bravo melakikan pencarian di sektor II Labuhan sampai dengan Tanjung Lesung. Tim charlie menyisir Tanjung Lesung hingga Sumur," ujar Zaenal melalui keterangan pers yang diterima Medcom.id.

Sementara tim delta beroperasi di sektor IV, tepatnya di Pulau Oar, Handeuleum, dan Badul. Pencarian memberdayakan anjing pelacak. Alat berat pun digunakan untuk memudahkan mengangkat material bangunan dan korban.

Gelombang tsunami menerjang kawasan pantai di Kabupaten Pandeglang dan Serang, Banten, pada Sabtu malam 22 Desember 2018. Gelombang juga menerjang beberapa area pantai di Lampung.

Baca: Korban Meninggal Tsunami Selat Sunda Jadi 373 Orang

Gelombang berasal dari perairan Selat Sunda. Ribuan orang terseret ombak.

Hingga Senin malam, BNPB merilis data 373 orang meninggal akibat terjangan tsunami. Korban luka sebanyak 1.459 orang dan 128 orang hilang. 

Sedangkan bangunan rusak meliputi:
- 681 rumah
- 69 hotel dan vila
- 420 perahu dan kapal
- 60 warung dan toko
- puluhan kendaraan rusak

Area yang terkena dampak tsunami yaitu:
- Kabupaten Pandeglang, Banten
- Kabpaten Serang, Banten
- Kabupaten Lampung Selatan, Lampung
- Kabupaten Tanggamus, Lampung
- Kabupaten Pesawaran, Lampung

Sementara itu jumlah pengungsi berkurang dari 11.543 orang menjadi 5.361 jiwa. Warga mulai pulang ke rumah masing-masing.

Lihat video:
 


(RRN)