Kepala Daerah Diundang Bahas Pencemaran Kali Kabupaten Bekasi

Antonio    •    Selasa, 08 Jan 2019 20:28 WIB
pencemaran lingkungan
Kepala Daerah Diundang Bahas Pencemaran Kali Kabupaten Bekasi
Sampah di Kali Pisang Batu mulai diangkut menggunakan alat berat. Medcom.id/Antonio

Bekasi: Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman bakal mengundang sejumlah kepala daerah untuk rapat bersama. Pertemuan pemimpin lintas wilayah ini guna menyelesaikan persoalan sampah di Kali Pisang Batu, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Kepala Bidang Pendidikan Kemaritiman Kemenko Maritim Rofi Alhanif mengatakan, pihaknya telah menjadwalkan rapat bersama sekitar pukul 15.00 WIB, Rabu, 9 Desember 2019, “Kita undang kepala darah Kabupaten Kota Bekasi, kepala daerah Jawa Barat dan DKI Jakarta soal masalah kali ini,” kata dia di Bekasi, Selasa 8 Desember 2019.

Kondisi kali tersebut dinilainya sangat memperihatinkan. Sampah telah menutup kali sepanjang 1,5 kilometer. Rapat tersebut akan membahas solusi untuk penanganan sampah di kali. Instansi pemerintah yang berhubungan dengan hal itu juga akan diundang.

“Kita lihat besok langkah pastinya, langkah jangka panjangnya apa, dan langkah jangka pendeknya apa setelah hasil rapat,” ujarnya.

Kali Pisang Batu yang berada di Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, dipenuhi sampah dan berwarna hitam pekat sekitar dua pekan belakangan. Sumur di pemukiman sekitar kali disebut warga juga terdampak.
 


(SUR)