Tanggul Sungai Winong Jebol, Puluhan Hektare Sawah Terendam

Ahmad Rofahan    •    Kamis, 03 Jan 2019 16:54 WIB
tanggul jebol
Tanggul Sungai Winong Jebol, Puluhan Hektare Sawah Terendam
Warga menunjukkan tanggul yang jebol di Desa Panguragan Wetan.

Cirebon: Tanggul Sungai Winong, Desa Panguragan Wetan, Kecamatan Panguragan, Kabupaten Cirebon, jebol, Kamis, 3 Januari 2019. Akibatnya, ratusan hektare sawah milik warga terendam.

Kama, 60, petani Desa Panguragan Wetan mengatakan, jebolnya tanggul karena tidak bisa menampung debit air yang tinggi. Menurutnya, hujan besar sempat mengguyur desanya, sebelum tanggul mengalami jebol.

"Jebolnya, sekitar 15 meteran," ujar Kama di Cirebon, Kamis 3 Januari 2018.

Jebolnya tanggul ini juga, dikeluhkan oleh para petani, karena menurut Kama, sawah para petani menjadi rusak akibat jebolnya tanggul tersebut. Kama menyebutkan, sejumlah tanah, batu dan kayu, menutupi sawah yang terendam banjir.

"Jadi pada rusak sawahnya, karena kena material yang dibawa banjir," ujarnya.

Selain berimbas kepada sawah, jebolnya tanggul tersebut juga, berimbas kepada aktivitas para petani. Hal tersebut dikarenakan, tanggul yang jebol merupakan akses yang biasa digunakan oleh para petani untuk menuju sawah.

"Saya berharap segera diperbaiki," ujar Kama.

Saat ini, sejumlah anggota kepolisian dari Polres Cirebon, sedang berusaha untuk membendung tanggul dengan menggunakan karung pasir. Namun hal tersebut cukup terkendala, karena hujan yang masih terus mengguyur wilayah tersebut.

Kecamatan Panguragan juga beberapa hari lalu, sempat dilanda angin puting beliung, yang mengakibatkan 165 rumah rusak dan satu balita meninggal dunia.



(ALB)