Pemkot Tangsel Tanggung Biaya BPJS Kesehatan Warganya

Farhan Dwitama    •    Jumat, 14 Dec 2018 16:35 WIB
bpjs kesehatan
Pemkot Tangsel Tanggung Biaya BPJS Kesehatan Warganya
MoU Universal Health Coverage Pemerinta Kota Tangerang Selatan dan BPJS kesehatan di Aula Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Jumat, 14 Desember 2018, Medcom.id/ Farhan Dwitama.

Tangerang: Seluruh warga Kota Tangerang Selatan akan mendapat bantuan iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan pada Januari 2019 hingga seterusnya. Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany mengatakan, Kota Tangerang Selatan berdasarkan road map Kementerian Komunikasi dan Informatika masuk sebagai kota cerdas.

"Alhamdulillah oleh Kemenkominfo, Kota Tangerang Selatan masuk dalam road map kota cerdas. Tahun depan APBD kita sudah mengcover UHC, maka 100 persen iuran BPJS sudah di cover oleh Pemkot Tangsel," kawa Airin di Aula Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Jumat, 14 Desember 2018.

Airin menjelaskan, saat ini dari 1,2 juta lebih warga Tangsel, sekitar 470 ribu di antaranya belum terdaftar sebagai anggota BPJS Kesehatan. Dengan program ini, maka seluruh warga Kota Tangerang Selatan terdaftar di BPJS kesehatan yang iurannya dibayarkan Pemerintah kota.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan, Deden Deni menambahkan, bantuan iuran BPJS kesehatan ini diberikan kepada seluruh warga ber-KTP elektronik Kota Tangerang Selatan. Dengan fasilitas pelayanan BPJS kelas III. 

"Yang kami tanggung itu iuran BPJS Kesehatan setara untuk kelas tiga, kalau warga nanti ingin naik kelas itu mandiri," ungkap Deden.

Deden kembali mengatakan, untuk Desember 2018 ini saja, pembayaran iuran BPJS kesehatan untuk 470 ribu warga Tangsel yang belum menjadi peserta BPJS kesehatan dianggarkan hingga Rp11 miliar. 

"Jadi 2019 besok, itu kurang lebih anggaran bantuan iuran ini mencapai Rp129 miliar,” jelas Deden.

Dengan begitu, warga Tangsel bisa memperoleh layanan kesehatan di 19 Rumah Sakit swasta di Tangsel. 

"Jadi sebenarnya dengan BPJS kesehatan ini pelayanan kesehatan di Tangerang Selatan lebih mudah, masyarakat juga tetap bisa menikmati fasilitas pengobatan gratis di RSUD Tangsel. Jadi jangan khawatir, ini bukan mengganti pengobatan gratis dengan KTP El," pungkas Deden.


(DEN)