Perumahan Garden City Terendam Banjir Hingga 80 Sentimeter

Hendrik Simorangkir    •    Rabu, 30 Jan 2019 14:33 WIB
bencana alambencana banjir
Perumahan Garden City Terendam Banjir Hingga 80 Sentimeter
Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang membantu warga Perumahan Garden City, Kota Tangerang, Banten untuk melintas, Rabu, 30 Januari 2019. Medcom.id/ Hendrik Simorangkir.

Tangerang: Hujan deras yang mengguyur Kota Tangerang, Banten pada malam hingga dini hari membuat kawasan perumahan Garden City, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang, terendam banjir. Akses jalan di perumahan tersebut juga terputus lantaran ketinggian air mencapai 80 sentimeter.

Pantauan di lokasi, belasan petugas gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Satpol PP Kota Tangerang bersiaga membantu warga yang ingin melintas.

"Ada sekitar lima perahu yang disiagakan, jadi bisa membantu warga yang mau lewat untuk beraktifitas keluar perumahan. Karena terputus aksesnya, mereka terkepung," kata petugas BPBD Kota Tangerang Amal di lokasi, Rabu, 30 Januari 2019.

Amal menjelaskan, air yang sudah menggenang dari pukul 22.00 WIB, hingga kini belum surut. "Bahaya bila warga melewatinya dengan berjalan kaki tanpa pengawalan petugas," jelas Amal.

Amal menambahkan, warga yang rumahnya terendam air saat ini telah dievakuasi ke sejumlah bangunan yang aman dan tidak terendam.

"Warga dievakuasi ke Posyandu, dan beberapa rumah warga yang tidak terkena dampak. Biar aman dulu," beber Amal.

Ilham, warga perumahan tersebut menuturkan, banjir sudah merendam wilayahnya sejak tiga hari lalu, karena hujan yang terus mengguyur daerah tersebut.

"Tapi karena semalam hujan lagi, jadi air di Kali Sabi itu naik lagi dan meluap lagi. Tapi banjir sudah dari kemarin-kemarin," kata Ilham.


(DEN)