Awal November, Kereta Rute Cirebon-Jember Diluncurkan

Ahmad Rofahan    •    Jumat, 28 Oct 2016 17:36 WIB
kereta api
Awal November, Kereta Rute Cirebon-Jember Diluncurkan
Kereta Ranggajati melayani rute Cirebon-Jember diluncurkan pada awal November, MTVN - Ahmad Rofahan

Metrotvnews.com, Cirebon: PT Kereta Api Indonesia (Persero) membuka trayek baru yang menghubungkan Cirebon, Jawa Barat menuju Jember, Jawa Timur. Operasional trayek baru itu dalam kelola PT KAI Daop 3 Cirebon.

Kepala Humas Daop 3 Cirebon, Krisbiyantoro mengatakan, kereta yang melayani rute itu bernama KA Ranggajati. Nama tersebut diambil dari salah satu tokoh Islam yang cukup berpengaruh dalam perkembangan Islam di Cirebon. 

Kereta melayani pemberangkatan untuk kelas eksekutif dan bisnis. Rencananya, KAI meluncurkan kereta tersebut pada awal November.

"Mulai diberangkatkan pada Selasa 1 November pukul 06.05 WIB dari Stasiun Cirebon," ujar Krisbiyantoro, Jumat (28/10/2016).


(Bagian dalam salah satu gerbang kereta Ranggajati yang akan melayani perjalanan baru dari Cirebon-Jember, MTVN - Rofahan)

Kereta terdiri dari empat gerbong eksekutif dan empat gerbong bisnis. Waktu tempuh perjalanan KA Ranggajati itu selama kurang lebih 16 jam.

KA Ranggajati akan berhenti di sejumlah stasiun seperti Purwokerto, Kutoarjo, Yogyakarta, Solo, Madiun, Kertosono, Jombang, Surabaya Gubeng, Sidoarjo, Pasuruan, Probolinggo, dan Tanggul. Pemberhentian terakhir yaitu Jember.

"Jadi, untuk penumpang tujuan stasiun-stasiun tersebut, bisa menggunakan KA Ranggajati," ujar Kris.

Di tahap awal, Kris mengatakan KAI memberikan harga promosi. Harga tiket kursi di gerbong eksekutif yaitu Rp210 ribu hingga Rp300 ribu. Sedangkan tiket untuk gerbong kelas bisnis dijual mulai Rp40 ribu hingga Rp200 ribu.

"Promo tersebut, berlaku hingga tanggal 30 November 2016," kata Kris.

Dalam sehari, kereta tersebut melayani satu kali perjalanan dari Cirebon yaitu pukul 06.05 WIB. Sedangkan perjalanan dari Jember mulai berangkat pukul 05.00 WIB.


(RRN)