Perbaiki 5 Hercules, Kemhan Keluarkan Rp430 Miliar

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Rabu, 07 Sep 2016 20:40 WIB
alutsista tni
Perbaiki 5 Hercules, Kemhan Keluarkan Rp430 Miliar
Pesawat Hercules. Foto: tni-au.mil.id

Metrotvnews.com, Bandung: Kementerian Pertahanan akan memperbaiki lima pesawat angkut Hercules di Komando Pemeliharaan Materiil Angkatan Udara (Koharmatau), Bandung, Jawa Barat. 

"Biaya perbaikan ini dianggarkan USD33 juta (setara Rp430 miliar) oleh Kemhan," kata Komandan Koharmatau, Marsekal Muda TNI Robert Sotter Marut, saat melakukan uji terbang pesawat Hercules C-130-B dengan nomor registrasi A-1303, di Lapangan Udara Husein Sastranegara Bandung jalan Pajajaran kota Bandung Rabu (7/9/2016).

Untuk memperbaiki satu pesawat, kata dia, dibutuhkan waktu enam bulan. Lamanya waktu perbaikan, menurutnya, semata-mata untuk menjaga kualitas. 

Hingga kini ada tiga unit pesawat Hercules yang tengah mengalami perbaikan, satu di antaranya telah mencapai tahap tes terbang. "Setelah semua pekerjaan pemeliharaan berat selesai, baru dilaksanakan uji terbang," kata Robert.

Robert menuturkan, selain memperbaiki mekanik yang rusak, perbaikan pesawat produksi Amerika pada tahun 60-an ini dilakukan untuk mengganti mekanik yang usianya sudah tua. Menurutnya ada beberapa sistem yang ditingkatkan atau diupgrade.

Dalam pengerjaannya, Kemhan bekerja sama dengan sebuah perusahaan maintenance pesawat yang berasal dari Malaysia.



(UWA)