Jabar Siap Cairkan Dana Tanggap Darurat untuk Garut

Jaenal Mutakin    •    Kamis, 22 Sep 2016 17:42 WIB
banjir bandang garut
Jabar Siap Cairkan Dana Tanggap Darurat untuk Garut
Seorang warga di lokasi banjir bandang yang menerjang kampungnya di Garut, MI - Panca Syurkani

Metrotvnews.com, Garut: Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, menetapkan status tanggap darurat setelah banjir menerjang tujuh kecamatan. Pemerintah provinsi pun menyiapkan dana tanggap darurat untuk membantu menangani Garut.

Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa mengatakan tim dari Pemprov mendatangi Pemkab Garut pada Kamis 22 September. Tim menyerahkan bantuan sekaligus mengambil berkas pengajuan dana tanggap darurat dari Pemkab.


(Seorang anak bermain di reruntuhan rumah setelah banjir bandang menerjang tujuh kecamatan di Garut, MI - Panca Syurkani)

"Nantinya akan ditindaklanjuti Gubernur Ahmad Heryawan. Sehingga pencairan dana dapat segera dilakukan," kata Iwa saat meninjau warga korban longsor di Garut.

Iwa pun memastikan Pemprov terus mengirimkan bantuan logistik ke sejumlah posko banjir. Wakil Gubernur Deddy Mizwar juga mendatangi warga di Kecamatan Cimacan, RS TNI AD Guntur, dan Makodim Tarumanagara.

"Kami juga mengunjungi perkantoran dan panti jompo. Bangunan-bangunan itu dalam kondisi rusak dan lumpur menumpuk," kata Iwa.

Banjir bandang menerjang Garut pada Selasa 22 September. Hingga berita ini dimuat, 23 orang tewas akibat banjir yang meluap dari Sungai Cimanuk.

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa pun mendatangi sejumlah posko penanganan banjir bandang. Mensosn memberi bantuan pada ahli waris dari korban jiwa sebesar Rp15 juta.

Video Mensos kunjungi warga korban banjir di Garut:
 


(RRN)