Bangunan di Bandung Dibongkar, Anak-anak Selamatkan Buku Sekolah

Roni Kurniawan    •    Kamis, 06 Oct 2016 10:13 WIB
penertiban
Bangunan di Bandung Dibongkar, Anak-anak Selamatkan Buku Sekolah
Seorang anak menangis sambil memegang buku pelajaran dan seragam saat petugas membongkar tempat tinggalnya di Batununggal, Bandung, MTVN - Roni Kurniawan

Metrotvnews.com, Bandung: Beberapa orang menangis saat alat berat membongkar tempat tinggal mereka di Jalan Banten, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat. Mereka melawan petugas yang hendak membongkar bangunan di lahan milik Pemerintah Kota Bandung itu.

Kamis pagi 6 Oktober, Satpol PP Kota Bandung mendatangi lokasi. Polrestabes dan TNI mengerahkan anggota untuk mengamankan kegiatan tersebut.

Warga melawan. Mereka berusaha mempertahankan bangunan yang dihuni sejak berpuluh-puluh tahun lalu.

Beberapa ibu marah ke petugas. Mereka menggendong balita menghindari reruntuhan bangunan. Balita yang berada dalam gendongan menangis. Beberapa anak yang berusia sekolah berusaha menyelamatkan seragam dan buku pelajaran agar tak rusak saat pembongkaran.


(Alat berat membongkar bangunan semi permanen di daerah Batununggal, Bandung)

Susi, warga setempat, kecewa dengan sikap pemerintah kota yang membongkar bangunan. Sementara pemerintah tak memberikan ganti rugi atas pembongkaran.

"Kami akan tetap bertahan di sini. Kalau mau, diganti atuh. Masa' kita mau tidur di pinggir jalan. Punya perasaan, lah," kata Susi di lokasi.

Aksi protes warga tak membuat petugas membongkar bangunan. Suara tangisan kian terdengar. Bahkan, seorang perempuan pingsan saat petugas mengeluarkan barang-barang dari rumahnya.

Hingga berita ini dimuat, proses pembongkaran masih berlangsung. Alat  bera menghancurkan puluhan bangunan tersebut.



(RRN)