Astronom Sebut tak Semua Gerhana Berkaitan dengan Gempa

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Rabu, 31 Jan 2018 17:33 WIB
gerhana bulan
Astronom Sebut tak Semua Gerhana Berkaitan dengan Gempa
Beberapa peneliti menyiapkan alat untuk mengamati gerhana bulan total di Observatorium Ilmu Falak UMSU di Medan, Selasa 30 Januari 2018, Ant - Septianda Perdana

Bandung: Fenomena gerhana bulan total pada 31 Januari 2018 merupakan peristiwa langka. Sebab, kejadiannya bertepatan dengan supermoon dan blue moon yang hanya terjadi dua kali sepanjang abad.

Pakar astronomi Institut Teknologi Bandung (ITB) Muji Harto mengatakan fenomena alam itu akan terulang kembali pada 2037. Saat gerhana, posisi bulan relatif dekat dengan bumi. Itu disebut supermoon.

Saat supermoon terjadi, penampakan bulan lebih besar hingga 14 persen. Bulan tampak lebih terang hingga 30 persen dari biasanya.

"Jarak terjauh bulan dari bumi adalah 406.700 kilometer, sedangkan jarak terdekatnya 356.400 kilometer. Gerhana bulan 31 Januari berlangsung di bulan purnama kedua pada Januari, maka dinamakan sebagai blue moon. Blue moon hanyalah suatu istilah, tidak menunjukkan bulan berwarna biru," kata Muji di Imah Boong, Kampung Ateng Desa Wangi dari Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Rabu 31 Januari 2017.

Masyarakat, lanjut Muji, dapat menyaksikan matahari dengan sorot bertemperatur 100 derajat Celcius. Muji menjelaskan gerhana bulan memiliki hubungan dengan kejadian gempa. Guncangan gempa dianggap merusak atau destruktif saat skalanya 6 SR ke atas.

Menurut Muji, tak ada yang tahu skala dan dampak gempa. Tapi, katanya, masyarakat tak perlu takut. Sebab itu tak selalu terjadi.

Sementara itu, astronom dari Observatorium Imah Noong Hendro Setyanto menuturkan tak semua gerhana berkaitan dengan gempa. Ia mengatakan belum ada kajian detail mengenai hubungan dua fenomena itu.

"Tetapi kalau ada gempa saat purnama, bulan mati atau gerhana, biasanya gempanya gede. Beda sama gerhana parsial, setengah, atau bulan sabit, biasanya pengaruhnya enggak terlalu besar," paparnya.


(RRN)