Bandung Raih Anugerah Kota Layak Pemuda 2017

Roni Kurniawan    •    Minggu, 29 Oct 2017 12:39 WIB
kota bandung
Bandung Raih Anugerah Kota Layak Pemuda 2017
Wali Kota Bandung Oded M. Danial menerima penghargaan Kota Layak Pemuda 2017 dari Menteri Pemudan dan Olahraga Imam Nahrawi di Padang, Sumatera Barat -- MTVN/Roni Kurniawan

Metrotvnews.com, Padang: Kota Bandung meraih penghargaan Kota Layak Pemuda 2017 dari Kementerian Pemuda dan Olahraga. Penghargaan diserahkan Menteri Pemudan dan Olahraga Imam Nahrawi kepada Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial di Padang, Sumatera Barat, Sabtu 29 Oktober 2017.

Sebuah kota bisa disebut layak pemuda jika telah tercapai sejumlah indikator yang ditetapkan, antara lain dukungan perda tentang kepemudaan (regulasi), ruang dan tempat berekspresi bagi pemuda yang mampu menopang kegiatan kepemudaan (infrastruktur), keaktifan organisasi kepemudaan dan komunitas pemuda, serta kemandirian pemuda sebagai pelopor bidang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Imam Nahrawi mengatakan, anugerah Kota Layak Pemuda adalah bukti bahwa pemerintah mengapresiasi dan memberikan perhatian bagi pemuda. "Ini momentum pertama bersejarah, memberikan anugerah Kota Layak Pemuda untuk pertama kalinya diselenggarakan," kata dia usai memberikan penghargaan.

Sementara itu, Oded mengaku bersyukur atas penghargaan yang didapat Pemkot Bandung. Penghargaan ini adalah hasil kerja sama antara Pemkot Bandung dengan pemuda dalam menghadirkan inovasi dari berbagai bidang.

"Kota Bandung memiliki regulasi dan keberpihakan terhadap pembangunan pemuda yang luar biasa. Kita bisa lihat kreativitas pemuda di Bandung dengan adanya pusat sablon di Jalan Suci yang mampu mengangkat perekonomian Bandung," kata dia usai menerima penghargaan.

Menurut Oded, saat ini penduduk Bandung tercatat ada 2,3 juta. Dari jumlah tersebut, sepatuhnya berusia 16 sampai 30 tahun. Hal ini mendorong Kota Bandung menjadi kota pertama yang mempunyai peraturan daerah tentang kepemudaan melalui Perda Nomor 1 Tahun 2016.

Keberpihakan Pemkot Bandung terhadap kepemudaan juga diwujudkan dengan dibangunnya berbagai fasilitas publik, seperti Bandung Creative Center sebagai wadah komunitas kreatif, skate park, taman film, taman musik dan taman-taman lainnya sebagai wadah penunjang kepemudaan.

"Bandung juga memiliki perhatian terhadap fasilitas kepemudaan dengan dukungan APBD untuk pembinaan," pungkasnya.

Selain Bandung, ada sembilan kota-kabupaten lainnya yang meraih predikat Kota Layak Pemuda. Masing-masing yaitu Kabupaten Bantaeng, Jakarta Utara, Makassar, Padang, Tangerang, Ternate, Banda Aceh, Pontianak, dan Tangerang Selatan.


(NIN)