Disdik Jabar Larang Pelajar Rayakan Valentine Day

Jaenal Mutakin, Roni Kurniawan    •    Senin, 13 Feb 2017 16:05 WIB
valentine
Disdik Jabar Larang Pelajar Rayakan Valentine Day
Ilustrasi Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Bandung: Dinas Pendidikan Jawa Barat menerbitkan surat edaran larangan merayakan hari kasih sayang atau valentine day kepada‎ peserta didik di Jabar. 

Surat bernomor 430/7618-Set Disdik itu sudah dikirim ke seluruh kepala dinas pendidikan kota dan kabupaten di Jabar, Kepala BP3 di wilayah I-VII serta kepala sekolah SMK dan SMA.

"Disdik resmi menerbitkan surat edaran larangan merayakan hari kasih sayang kepada‎ peserta didik di Jabar," kata Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, Ahmad Hadadi, Senin 13 Februari 2017.

Menurut Ahmad, larangan merayakan valentine sebagai komitmen Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat dalam membangun karakter peserta didik yang berakhlak mulia dan terhindar dari kegiatan yang bertentangan dengan norma agama, sosial, dan budaya berkaitan dengan perayaan valentine day.

Kepala Disdik Kota Bandung Elih Sudiapermana, mengaku sudah mengedarkan surat larangan kepada setiap siswa memperingati valentine day. Surat larangan untuk merayakan valentine day telah diedarkan sejak bulan lalu. 

Elih menegaskan, para pelajar dilarang melakukan berbagai perayaan diluar dari ketetapan pemerintah secara tertulis atau resmi. Apalagi valentine day, merupakan salah satu budaya barat dan tidak perlu diadopsi oleh pelajar di Bandung.

"Kalau sekolah hanya melakukan kegiatan perayaan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah sebagai hari-hari yang diperingati resmi," kata Elih saat dihubungi wartawan, Senin 13 Februari 2017.

Elih juga berharap orangtua siswa untuk berperan aktif mengawasi putra dan putrinya terkait larangan tersebut. 

"Jadi peran orangtua juga ada, mereka harus memantau putra dan putrinya," tegas Elih.




(ALB)