Setelah Cihampelas, Pemkot Bandung Bakal Bangun Skywalk Lagi

Roni Kurniawan    •    Senin, 05 Jun 2017 12:55 WIB
infrastruktur
Setelah Cihampelas, Pemkot Bandung Bakal Bangun <I>Skywalk</i> Lagi
Suasana Skywalk Cihampelas Bandung, MTVN - Roni Kuniawan

Metrotvnews.com, Bandung: Pemerintah Kota Bandung, Jawa Barat, berencana membangun Teras Cikutra. Rencananya, Teras Cikutra akan menampung pedagang kaki lima yang biasa berjualan di Jalan Ahmad Yani Cicadas.

Sekretaris Daerah Kota Bandung Yossi Irianto mengatakan pembangunan Treas Cikutra masuk dalam program Pemkot pada 2018. Fungsinya nyaris sama dengan Teras Cihampelas yang sudah beroperasi pada awal 2017.

Baca: Emil Tegaskan Teras Cihampelas Bentuk Komitmen Pemkot Bandung

"Teras Cikutra sudah ada dalam program kerja 2018. Kami akan bangun seperti Teras Cihampelas," kata Yossi di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Senin 5 Juni 2017.

Menurut Yossi, PKL di Jalan Ahmad Yani sudah berpuluhan tahun berjualan di trotoar. Lantaran itu, Pemkot menilai perlu ada penertiban di kawasan tersebut. Sehingga PKL dan warga dapat lebih nyaman.

Pembangunannya mengadopsi Teras Cihampelas. Yaitu membuat bangunan di atas jalan utama. Di bangunan itulah nantinya PKL berjualan.

Yossi mengakui itu cara paling akhir untuk menertibkan PKL di kawasan Jalan Ahmad Yani. Sebab, dua rencana sebelumnya gagal yaitu memindahkan PKL ke Bandung Trade Mall dan eks bangunan Matahari Cicadas.

"Di dua lokasi itu, PKL enggak mau karena tempatnya di dalam bangunan, dan tidak muat juga. Sedangkan bangunan eks Matahari Cicadas masih bermasalah," ujar Yossi.

Rencananya, lanjut Yossi, Teras Cikutra dibangun di atas ruas Jalan Cikutra sepanjang 800 meter. Bangunan itu menghubungkan Jalan Ahmad Yani dengan Jalan PHH Mustofa. Anggaran pembuatan Teras Cikutra kurang lebih Rp70 miliar.

Ketua Paguyuban PKL Cicadas, Suherma, menyambut baik rencana itu. Namun ia belum menerima usulan secara resmi mengenai tempat baru bagi para PKL di Jalan Ahmad Yani.

"Belum ada surat resminya dari Walikota. Karena saya harus sosialisasi dengan pedagang lainnya. Tapi obrolan saya dengan pedagang lainnya sudah siap direlokasi ke Teras Cikutra," ujar Suherman.

Suherman mengatakan, sebanyak 602 PKL yang saat ini mengais rejeki di atas trotoar Jalan Ahmad Yani. Namun jumlah yang tergabung dalam paguyubannya terdapat 1.200 PKL termasuk pedagang sayuran yang saat ini ada di Jalan Cikutra.

"Kami siap, tapi kami menunggu surat secara formalnya dari Pak Wali Kota supaya bisa kita diskusikan juga," pungkasnya.

Sabtu 4 Februari 2017, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil meresmikan Teras Cihampelas atau Skywalk Cihampelas. Jembatan layang sepanjang 450 meter itu membentang di Jalan Cihampelas.

Hanya pejalan kaki yang boleh melintasi Teras Cihampelas. Di jembatan tersebut, ratusan PKL berjualan mulai dari makanan hingga suvenir khas Kota Bandung.

Sementara pengendara sepeda motor maupun pengemudi mobil melintas di bawah jembatan. Wali Kota mengklaim cara itu sebagai komitmen untuk meminimalisasi kemacetan di jalan tersebut.

Lihat video:



(RRN)