Petani Subang Membutuhkan Subsidi Pupuk

Gervin Nathaniel Purba    •    Jumat, 14 Jul 2017 19:20 WIB
berita dpr
Petani Subang Membutuhkan Subsidi Pupuk
Anggota Komisi X DPR RI Dony Ahmad Munir saat kunjungan ke Sumedang, Majalengka, dan Subang, Jawa Barat. Foto: Dok. DPR

Metrotvnews.com, Jakarta: Anggota Komisi X DPR RI Dony Ahmad Munir mengatakan, subsidi pupuk, bantuan benih, irigasi, penanganan hama pengganggu tanaman, dan asuransi pertanian yang lebih berpihak menjadi harapan petani. Hal itu ia ungkapkan saat kunjungan ke Sumedang, Majalengka, dan Subang, beberapa waktu lalu.

"Pentingnya subsidi pupuk yang merata sangat penting bagi petani karena sangat menentukan pertumbuhan padi dan pasokan beras di daerah-daerah supaya terwujudnya lumbung padi yang berkualitas baik," ujar Dony dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Jumat 14 Juli 2017.

Petani, lanjut Dony, juga menyampaikan bahwa proyek irigasi telah diusulkan masyarakat setiap tahun kepada pemerintah, namun belum terlihat tanda-tanda untuk direalisasi. Proyek tersebut sangat strategis dan penting bagi kehidupan perekonomian petani padi.

"Selama ini para petani berinisiatif sendiri mengairi sawah mereka secara manual pada malam hari. Irigasi ini mampu mengairi ratusan hektare persawahan rakyat yang tersebar di beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Subang," paparnya.

Oleh sebab itu, masyarakat petani di Subang menaruh harapan besar agar proyek irigasi itu dapat segera terealisasi. Petani pun berharap supaya mendapat asuransi dan tidak hanya dipertimbangkan dengan luas areal lahan. Sehingga para petani sangat sulit untuk mendapatkan asuransi tersebut.

"Para petani hanya mengharapkan adanya perhatian khusus terkait aspirasinya yang belum berpihak kepada petani," kata dia.


(ROS)