AW Berencana Ledakkan Kafe Bali Pekan Depan

Arga sumantri    •    Sabtu, 08 Jul 2017 22:41 WIB
ledakan bom
AW Berencana Ledakkan Kafe Bali Pekan Depan
Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Rikwanto -- Foto: Metrotvnews.com/ Meilikhah

Metrotvnews.com, Bandung: Terduga teroris inisial AW, 22, diduga akan meledakkan bom panci di sejumlah tempat di Bandung. Salah satunya, di Kafe Bali, Jalan Braga, Bandung. Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Rikwanto mengatakan, hasil interogasi awal, AW mengaku berencana meledakkan Kafe Bali pada Jumat 16 Juli 2017.

"Rencana diledakkan di malam hari," kata Rikwanto dalam keterangannya, Sabtu 8 Juli 2017.

Menurut pengakuan AW, rencanananya dia berangkat ke Kafe Bali menggunakan angkutan kota. Bom panci, sudah disiapkan dengan dimasukkan ke dalam tas ransel.

Saat situasi sepi, kata Rikwanto, AW bakal menaruh tas ransel berisi bom panci itu di tempat sampah sekitar kafe. Pelaku menggunakan benang sebagai alat pemicu bom.

"Benang dibentangkan yang bertujuan apabila benang tersebut tersandung kaki, bom tersebut akan meledak," jelasnya.

Wakapolri Komjen Syafruddin mengatakan, dua tempat lainnya menjadi target sasaran AW, yaitu Rumah Makan Celengan di Astana Anyar, dan rumah ibadah di Buah Batu.

Bom panci meledak sekitar pukul 15.30 WIB di rumah kontrakan yang ditinggali AW, Kampung Kubang bereum RT 7 RW 11, Kelurahan, Sekejati, Kecamatan Buah Batu, Kota Bandung.

Dari lokasi kejadian, ditemukan panci berisi paku dan sejumlah rangkaian bom yang sudah meledak. AW disebut belajar merakit bom dari internet sejak 1 Juni 2017.

Hasil penyisiran ditemukan juga sejumlah paku ukuran 7 centimeter dan benang. Panci diketahui dibeli di Pasar Caringin.

 


(Des)