18 Km Jalan di Kuningan Tertutup Longsor

Ahmad Rofahan    •    Senin, 05 Mar 2018 13:04 WIB
bencana longsor
18 Km Jalan di Kuningan Tertutup Longsor
Jalan yang putus dan perbaikan jalan akibat longsor di Kuningan. Dok: BPBD Kuningan

Cirebon: Jalan sepanjang 18 kilometer di lima kecamatan di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, ambles dan tertutup longsor yang terjadi sepanjang 21-25 Februari 2018. Tak hanya menutup jalan utama di Kecamatan Karangkencana, Ciniru,  Maleber,  Subang, dan Cibeureum, ratusan rumah juga rusak akibat longsor.

Kepala BPBD Kuningan Agus Mauludin mengatakan jalan sepanjang 18 kilometer tersebut ada yang hilang dan ambles terkena longsor. Sebagian hanya tertutup longsor. Sejumlah jalan terdampak merupakan akses utama warga ke daerah lain.

Sejumlah akses jalan yang tertutup sudah mulai bisa dilintas. Namun, masih ada juga yang belum bisa dilalui. Beberapa titik yang sudah dilakukan perbaikan yaitu jalur di Desa Begawat, Desa Cantilan, Desa Mungkaldatar, Desa Karangkencana, Desa Cimenga, dan Desa Pamupukan.

"Untuk di Desa Karangkancana, ada jembatan yang putus, tiga titik longsor dan satu titik amblasan," kata Agus di Kuningan, Senin, 5 Maret 2018.


Rumah rusak akibat longsor di Kuningan. Dok: BPBD Kuningan

Sedangkan beberapa jalan yang belum bisa digunakan hingga saat ini, yaitu Desa Margacina, Desa Longkewang  Desa Cirukem, Desa Jabranti, Desa Giriwaringin, Desa Cigedang, Desa Ciniru, Desa Linggajaya dan Desa Saraganten. Jalan di desa-desa tersebut masih dalam penanganan.

Agus menambahkan, longsor dan tanah ambrol terjadi karena hujan deras dengan durasi cukup lama.


 Jalan yang putus dan perbaikan jalan akibat longsor di Kuningan. Dok: BPBD Kuningan



(SUR)