Pemberlakuan Ganjil Genap Tol Japek

Jumlah Kendaraan Menurun 29 Persen

Antonio    •    Senin, 12 Mar 2018 11:17 WIB
tol cikampeksistem ganjil genap
Jumlah Kendaraan Menurun 29 Persen
Sejumlah Polisi dan Dishub mengarahkan kendaraan roda empat berplat nomor ganjil berputar balik keluar dari gerbang tol Bekasi Barat 1 di Bekasi, Jawa Barat. (ANT/Widodo S Jusuf)

Bekasi: Penurunan kendaraan yang masuk di Gerbang Tol Bekasi Barat I, Kota Bekasi, Jawa Barat, mencapai 29 persen dari rata-rata jumlah kendaraan pada hari sebelumnya.

Hal itu menyusul diberlakukannya kebijakan pemerintah yaitu ganjil genap angkutan pribadi arah Jakarta. Pengaturan jam operasional angkutan sumbu III, IV dan V serta penyediaan jalur khusus bus di ruas Tol Jakarta Cikampek (Japek).

Humas Jasamarga cabang Jakarta Cikampek, Irwansyah, mengatakan penurunan jumlah kendaraan yang masuk  ke dalam Pintu Tol Bekasi Barat I mencapai sekitar 500 kendaraan.

"Dari jam 06.00 WIB sampai jam 07.00 WIB ada sebanyak 1.751 kendaraan. Penurunannya sekitar 29 persen dari rata-rata jumlah kendaraan biasanya 2.221 kendaraan," kata Irwansyah di Bekasi, Senin, 12 Maret 2018.

Dia menambahkan, sejumlah kendaraan yang diputar balik karena berpelat ganjil pada tanggal genap bukan berpelat asal Jakarta.

"Tadi sih kita lihat, ada yang nopol-nopol (nomor polisi) yang bukan Jakarta ya. Kemungkinan tidak tahu, tidak paham (diberlakukan ganjil-genap)," ungkapnya.

Berdasarkan pantauan di lokasi sekitar Pukul 08.30 WIB, arus kendaraan di ruas Tol Japek terlihat lancar. Selain itu, dalam pelaksanaan kebijakan ganjil genap di tiga gerbang tol di Kota Bekasi, kendaraan yang dialihkan karena berpelat ganjil pada tanggal genap didominasi kendaraan pribadi.



(LDS)