Kerugian Materiel Puting Beliung Cirebon Ratusan Juta

Ahmad Rofahan    •    Jumat, 04 Jan 2019 17:22 WIB
puting beliung
Kerugian Materiel Puting Beliung Cirebon Ratusan Juta
PJ Bupati Cirebon Dicky Saromi saat memberikan keterangan kepada wartawan. Medcom.id/Ahmad Rofahan

Cirebon: Bencana angin puting beliung yang terjadi di Desa Panguragan Kulon, Kecamatan Panguragan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, mengakibatkan kerugian meteriel hingga lebih dari Rp400 juta. Penjabat Bupati (Pj) Cirebon Dicky Saromi berbagai tindakan diambil pihaknya pascabencana.

Pemerintah Kabupaten Cirebon telah menginventarisir bangunan yang rusak, mendata kerugian meteriel. Dia juga menyebut bantuan kebutuhan penting sudah disiapkan dan disalurkan.

"Di Panguragan sudah ada kerugiannya, sudah kita hitung yang rusak berat berapa, rusak sedang berapa, rusak ringan berapa," kata Dicky Saromi, saat ditemui di Gedung DPRD Kabupaten Cirebon, Jumat, 4 Januari 2019.

Anggaran yang disiapkan untuk disalurkan ke korban bencana angin puting beliung pun hari ini akan diserahkan. Termasuk santunan untuk balita yang meninggal dalam bencana tersebuit.

"Hari ini kita langsung eksekusi, langsung kita serahkan," ujar Dicky.

Ia menjelaskan, hasil laporan yang diterima dirinya dari dinas terkait yang sudah menginventaris bangunan. "Setahu saya Rp 400 jutaan, tapi lebih detailnya ada di BPBD," katanya.

 


(SUR)