Jalan Gelap Jadi Tempat Favorit Begal Bandung

P Aditya Prakasa    •    Selasa, 11 Dec 2018 16:32 WIB
kekerasanaksi begal
Jalan Gelap Jadi Tempat Favorit Begal Bandung
Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal

Bandung: Jalanan yang kurang penerangan dan minim kamera pengawas (CCTV) jadi favorit pelaku kejahatan, terutama begal, untuk melancarkan aksinya di Kota Bandung. Kepolisian tengah berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Bandung untuk melengkapi sarana dan prasarana jalan.

Kepala Polrestabes Bandung Kombes Pol Irman Sugema juga mengimbau pertokoan, perumahan, dan perusahaan di Bandung agar memasang CCTV.

"Mengimbau kepada masyarakat kerjasama memasang CCTV di publik area, kantor, pusat perbelanjaan, dan perumahan. Kita juga koordinasikan dengan Pemda bagaimana mekanisme pemasangan CCTV," kata Irman di RS Sartika Asih Bandung, Selasa 11 November 2018.

Dua pelaku begal Adi Supriatna, 21, dan Agun Gunawan, 22, tewas ditembak polisi karena berusaha melawan menggunakan sebilah golok saat ditangkap. Kedua begal tersebut telah lima kali beraksi di wilayah yang sepi dan minim penerangan jalan.

Baca: Warga Kota Bandung Gelisah

Dari laporan masyarakat yang diterima polisi, kejahatan yang dilakukan kedua pelaku dilakukan sekira pukul 22.00 WIB hingga 05.00 WIB. Mereka kerap beraksi di wilayah Arcamanik yang sepi dan kurang penerangan.

"Kami sudah koordinasi dengan Pemda untuk sarana dan prasarana agar dilengkapi, sehingga jalan-jalan rawan menjadi aman. Kami sudah tempatkan personil di tempat-tempat rawan kejahatan jalan," kata Irman.

Kepala Satuan Reskrim Polrestabes Bandung AKBP Mochamad Rifai mengatakan, kawasan Bandung Timur disebut rawan karena situasi jalan yang sepi dan kurang penerangan jalan. Wilayah tersebut juga memudahkan pelaku keluar area Kota Bandung menuju Kabupaten Bandung dan Kabupaten Sumedang.

"Di sana kurang penerangan jalan, sepi, dan jalannya lurus sehingga memudahkan para pelaku melakukan kejahatan. Wilayah itu juga bisa dijadikan arah kabur pelaku karena keluar dari wilayah Kota Bandung," ucap Rifai.

Baca: Tak Ada CCTV di Lokasi Begal di Bandung
 


(SUR)