Iduladha plus Persiapan PON, Bandung Akan Dikepung Macet

Jaenal Mutakin, Ahmad Rofahan    •    Sabtu, 10 Sep 2016 11:41 WIB
pon 2016
Iduladha <i>plus</i> Persiapan PON, Bandung Akan Dikepung Macet
Ilustrasi. Foto: Antara/Adeng Bustomi

Metrotvnews.com, Bandung: Masyarakat Kota Bandung diminta untuk tak berkendara pada akhir pekan ini. Pasalnya, selain libur panjang, akhir pekan ini juga bertepatan dengan Iduladha 1437 Hijriah dan pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 pada 17 September mendatang.

"Namun, besok (hari ini, red.) delegasi dari daerah lain sudah mulai berdatangan," kata Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (9/9/2016).

Sedikitnya Jawa Barat akan kedatangan 25 ribu atlet dan ofisial dari seluruh provinsi di Indonesia. Mereka akan tersebar di 16 kabupaten/kota di Jawa Barat yang menjadi lokasi penyelenggaraan PON.

Namun, dari jumlah tersebut, hampir 80 persennya berada di kawasan Bandung Raya. "Oleh karena itu, kawasan Bandung Raya khususnya Kota Bandung akan mengalami peningkatan jumlah kendaraan," kata dia.



Sebagai solusinya, Aher mengaku telah berkoordinasi dengan seluruh pihak untuk mengantisipasi kemacetan. Ia mengimbau masyarakat untuk jeli memperhatikan daerah rawan macet.

Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat, Dedi Taufik, mengaku telah menyiapkan sejumlah langkah untuk mengantisipasi kemacetan. 

Salah satunya melakukan simulasi pengangkutan kontingen mulai dari hotel hingga Stadion GBLA. Dalam uji coba dari Trans Hotel di Jalan Gatot Subroto itu, 10 bus dikawal menuju stadion tersebut.

"Dari simulasi diperlukan 25 menit dari Trans studio untuk sampai ke GBLA," kata Dedi. Rute yang dilalui yakni Jalan Gatot Subroto-Terusan Kiara condong-Soekarno Hatta-Tol Buah batu.

Titik kemacetan diperkirakan terjadi di persimpangan Jalan Gatot Subroto dan Soekarno Hatta.

Lalu Lintas Cirebon Naik 15%

Sementara itu, arus lalu lintas di Cirebon diperkirakan meningkat 10 sampai 15 persen pada hari libur panjang Iduladha. 

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Cirebon, AKP Galih Raditya, menuturkan, walaupun ada kenaikan, kondisi jalur di Cirebon ramai lancar. “Tidak ada kendala,” kata Galih, di Cirebon, Sabtu (10/9/2016).

Peningkatan arus lalu lintas pada libur kali ini lebih banyak terfokus di jalur Tol Cipali. Sedangkan jalur arteri di Pantura Cirebon belum mengalami kenaikan. 

Meski begitu, Satlantas Polres Cirebon tetap menyiagakan sejumlah personelnya. “Rekayasa lalu lintas juga sudah kita siapkan jika diperlukan," kata Galih.

Sementara itu, untuk mengantisipasi lonjakan penumpang yang menggunakan jasa transportasi kereta api, Daop III Cirebon juga telah menyiagakan seluruh karyawannya untuk melancarkan masa angkutan Iduladha. PT KAI melarang karyawannya untuk cuti.

“Masa angkutan Iduladha diberlakukan selama enam hari sejak 9-14 September,” kata Kepala Humas Daop III Cirebon, Krisbiyanto.

 


(UWA)