Pemkot Bandung Siapkan Tarian Merak untuk Sambut Obor Asian Games

Roni Kurniawan    •    Kamis, 02 Aug 2018 18:49 WIB
asian games 2018
Pemkot Bandung Siapkan Tarian Merak untuk Sambut Obor Asian Games
Pelari Jeri Juliandi (tengah) membawa obor Asian Games 2018 di Jalan Sudirman Pekanbaru, Riau, Kamis (2/8). ANTARA FOTO/Rony Muharrman.

Bandung: Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung siap menyambut obor Asian Games 2018 yang akan singgah pada 11-12 Agustus 2018 mendatang.

Kepala Bidang Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung, Aswin Sulaeman mengatakan, pihaknya akan menyambut obor tersebut dengan tarian Merak saat tiba di exit gerbang tol Pasteur pada pukul 08.30 WIB. 

"Kita ingin tampilkan kekhasan daerah. Tari Merak adalah tari penyambutan yang sangat cocok untuk momentum tersebut," kata Aswin di Taman Sejarah Kota Bandung, Jalan Aceh, Kamis, 2 Agustus 2018.

Aswin menjelaskan, seni tari sangat cocok untuk menyambut obor Asian Games yang telah berkeliling di sejumlah daerah Indonesia.

Bahkan untuk menunggu kedatangan obor, berbagai tarian lain pun telah dipersiapkan guna menghibur masyarakat yang diprediksi akan memadati kawasan Pasteur pada 11 Agustus nanti.

"Tadinya mau kendang kecapi suling, tapi kan pasti ramai dan berisik. Apalagi ini posisinya di gerbang tol, banyak kendaraan yang melintas. Jadi kita pilih tari-tarian saja," jelas Aswin.

Aswin kembali mengatakan, sejumlah kesenian lain asal Bandung juga akan dihadirkan di tempat kedatangan para atlet yang akan bertarung di Bandung.

Salah satunya di Bandara Internasional Husein Sastranegara akan disiapkan berbagai kesenian daerah untuk menyambut para atlet yang akan bertarung.

Cabang olahraga sepakbola laki-laki dan perempuan akan bertarung di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung. Namun para atlet rencananya akan menginap serta melakukan sesi latihan di Kota Bandung seperti Timnas Korea Selatan dan Korea Utara.

"Karena kan pintu masuknya ada di Bandung, jadi kita siapkan sambutan selamat datang ke setiap atlet dari berbagai negara yang akan bertarung di Bandung," pungkas Aswin.


(DEN)