Jalur Puncak Lebih Lengang Ketimbang Tahun Lalu

Rizky Dewantara    •    Senin, 31 Dec 2018 20:42 WIB
perayaan natal dan tahun baru
Jalur Puncak Lebih Lengang Ketimbang Tahun Lalu
Penutupan jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, Senin, 31 Desember 2018. Medcom.id/Rizky Dewantara

Bogor: Arus lalulintas di kawasan puncak Bogor, Jawa Barat, jelang malam pergantian tahun 2019 lebih lengang dari tahun sebelumnya. Hal ini dilihat dari perbandingan kepadatan kendaraan yang melintas.

"Tahun ini memang lebih senggang, namun kalau secara data ada peningkatan," kata Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) Refdi Andri saat menutup jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, Senin, 31 Desember 2018.

Malam bebas kendaraan (car free night) di jalan raya puncak dilaksanakan mulai pukul 18.00 WIB, Senin, 31 Desember 2018, hingga pukul 06.00, Selasa, 1 Januari 2018. Penutupan berlaku di sepanjang Jalan Raya puncak mulai dari Simpang Gadog hingga Puncak Pas.

"Masyarakat banyak yang mempersiapkannya jauh hari. Ini yang membuat saat ini Jalan Raya Puncak sepi,” kata dia.

Baca: Penutupan Jalur Puncak Dibagi Enam Sekat

Menurut Refdi, jumlah kendaraan yang masuk ke jalan raya puncak mencapai 60.000 kendaraan. Puncak arus kendaraan dimulai sejak tiga hari sebelum malam pergantian tahun.

"Bukan hanya di sini (Puncak),  pantauan kami juga di Cikampek, peningkatan kendaraan terjadi, tapi cenderung longgar," kata Refdi.

Pihaknya sudah melakukan pengamanan di sepanjang jalur Puncak Bogor, Jawa Barat.

Baca: Jalur Puncak Tutup 12 Jam di Malam Tahun Baru
 


(SUR)